Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Ridwan Kamil: Berdonasi dan Berdiam di Rumah adalah Bentuk Bela Negara

Kompas.com - 29/04/2020, 17:56 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Kang Emil mengatakan, di saat seperti ini masyarakat dapat melakukan bela negara dengan berdonasi.

“Bisa dengan bantuan berupa harta, menjadi relawan dan membantu tenaga, serta melalui ilmu seperti membuat kit Polymerase Chain Reaction (PCR), ventilator, dan lain sebagainya,” kata Kang Emil, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal tersebut dikatakan Kang Emil, saat menerima bantuan penanganan coronavirus disease 2019 (Covid-19) dari berbagai pihak, di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (29/4/2020).

Pada kesempatan tersebut, Kang Emil menambahkan, berdiam diri di rumah juga merupakan upaya melawan Covid-19.

“Covid-19 ini penyakit kerumunan. Makin banyak berkerumun, virusnya makin berseliweran. Jadi ini adalah perang. Mari bela negara dengan cara masing-masing,” kata Kang Emil.

Baca juga: Warga Jabar Terdampak Covid-19 Dapat 9 Jenis Bantuan

Ia mencontohkan, di Jabar hampir tidak ada anak sekolah yang terinfeksi Covid-19. Hal tersebut karena anak sekolah merupakan kelompok yang dinilai paling disiplin.

“Anak sekolah tinggal di rumah, tidak sekolah,” kata Kang Emil.

Pihak yang berdonasi

Adapun pihak yang berdonasi melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar maupun Jabar Bergerak adalah PT Astrazeneca Indonesia (menyumbang 10.000 masker), dan PT Argo Manunggal (menyumbang 50.000 masker nonmedis).

Lalu Majelis Buddhayana Indonesia menyumbang 43 Alat Pelindung Diri (APD), 10 liter disinfektan, dan 500 masker kain.

PT CREC China Railway Group Limited menyumbang ribuan alat kesehatan dan pencegahan Covid-19. DPD APJI Jabar dan Yayasan Nike Ardilla menyumbang 1.000 nasi bungkus.

Kemudian gabungan 13 BUMN di Jabar yaitu Jasa Marga, Telkom, Jasa Raharja, Bank Mandiri, Pos Indonesia, Jamkrindo, Kimia Farma Jabar, Jasa Tirta II, Askrindo, BNI, BRI, Pegadaian Kanwil Bandung, serta Jasindo Bandung.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Jabar Bergerak Sediakan 500 Porsi Makan Siang Gratis Per Hari

Ke-13 BUMN tersebut menyumbang ribuan alat kesehatan dan pencegahan Covid-19 seperti APD, masker medis, masker kain, disinfektan, dan hand sanitizer.

Kang Emil selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar pun berterima kasih atas bantuan-bantuan tersebut.

“Dengan keterbatasan anggaran Pemerintah Provinsi Jabar, kami tidak mungkin bisa memberi kualitas bantuan yang maksimal. Kecuali dibantu oleh pihak yang bersimpati terhadap situasi ini,” kata Kang Emil.

Setelah itu, Kang Emil menyerahkan bantuan alat pencegahan Covid-19 kepada organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jabar, Kwarda Pramuka Jabar, serta komunitas motor Jabar seperti XTC, Moonraker, GBR, dan Brigez.

“Harapannya bantuan tersebut mampu membantu pencegahan penyebaran Covid-19 di komunitas dan lingkungan sekitarnya,” kata Kang Emil.

Baca juga: Jelang PSBB Jabar, 5.492 KK Terdampak Covid-19 Mulai dapat Bansos

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com