Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logistik RSD Palau Galang Tetap Bisa Mendarat di Bandara Hang Nadim

Kompas.com - 25/04/2020, 16:47 WIB
Hadi Maulana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Direkrut Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Bandara Hang Nadim Suwarso memastikan sejumlah logistik untuk Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Pulau Galang aman.

"Jadi untuk cargo dan logistik tetap jalan seperti biasa,” kata Suwarso melalui telepon, Sabtu (25/4/2020).

Suwarso mengatakan, Bandara Hang nadim menghentikan pelayanan penerbangan komersial mulai Sabtu, 25 April 2020 hingga 1 Juni 2020.

Baca juga: Wali Kota Batam Malah Menilai PSBB Berisiko Tinggi

Hal ini dilakukan untuk mendukung Pemerintah Republik Indonesia mengenai larangan mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Namun, kata dia, Bandara Hang Nadim akan tetap beroperasi untuk melayani penerbangan kargo atau penerbangan yang mengangkut logistik.

Adapun layanan terhadap penerbangan yang dikecualikan, yaitu penerbangan yang membawa atau terkait pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia dan tamu atau wakil kenegaraan.

Perwakilan organisasi internasional, Operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriasi flight) pemulangan WNI maupun WNA dan operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat.

Baca juga: UPDATE Corona Kepri 18 April: Jumlah Pasien Positif Kini 47 Orang

Kemudian operasional angkutan kargo (kargo penting dan esensial).

Pesawat konfigurasi penumpang dapat digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin penumpang khusus untuk pengangkutan kebutuhan medis, kesehatan, dan sanitasi serta pangan.

"Semoga dengan diberlakukannya kebijakan larangan mudik dan penghentian sementara layanan terhadap penerbangan penumpang ini dapat membantu signifikan pencegahan penyebaran Covid-19," pungkas Suwarso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com