Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi Lapas Sorong: Jika Ada yang Terinfeksi Corona, Pemerintah Harus Bertanggung Jawab

Kompas.com - 23/04/2020, 16:26 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Ratusan napi di Lapas Sorong, Papua Barat, menyampaikan sejumlah tuntutan pasca-kerusuhan yang terjadi di lapas tersebut, Rabu (22/4/2020) malam.

Diketahui kerusuhan terjadi karena ratusan napi di Lapas Sorong minta dibebaskan, seperti rekan mereka yang telah mendapatkan program asimilasi.

Baca juga: 5 Tuntutan Ratusan Napi Pasca-kericuhan Lapas Sorong

Salah satu tuntutan para napi, yaitu meminta pemerintah bertanggung jawab jika nantinya ada narapidana atau tahanan terinfeksi virus corona yang berasal dari pegawai yang keluar masuk lapas.

"Maka pihak lapas dan pemerintah bertanggung jawab atas seluruh nyawa tahanan dan narapidana Lapas Sorong," ujar seorang perwakilan napi saat membacakan tuntutan di Lapas Sorong, Kamis ( 23/4/2020).

 Kerusuhan terjadi di Lapas Klas II B Sorong, Papua Barat, Rabu (22/4/2020) malam.Tangkapan layar KompasTV Kerusuhan terjadi di Lapas Klas II B Sorong, Papua Barat, Rabu (22/4/2020) malam.

Para napi juga minta agar denda adat dikenakan kepada pemerintah daerah dan pihak Lapas Sorong, jika nantinya ada narapidana dan tahanan terjangkit virus corona dan meninggal dunia.

Baca juga: Lapas Sorong Dibakar, Ratusan Napi Cemburu Tak Dapat Asimilasi

Tuntutan lainnya, para napi meminta agar segera dilakukan rapid test, serta meminta wali kota Sorong dan pihak DPR Kota Sorong segera mengambil kebijakan di tengah pandemi virus corona.

Para napi juga meminta jaminan keselamatan di tengah pandemi corona. (Kontributor Kompas TV Sorong, Michael Djasman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com