Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengajar Ponpes Temboro Magetan Positif Corona Diam-diam Mudik, Diisolasi di RS

Kompas.com - 22/04/2020, 20:47 WIB
Hendra Cipta,
Khairina

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mempawah mengisolasi salah satu pengajar di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang telah terkonfirmasi positif Covid-19.

"Pria ini sudah diamankan dan diisolasi di RSUD Rubini Mempawah, Kalbar," kata Harisson kepada wartawan, Rabu (22/4/2020) malam.

Di Magetan, sampel lendir tenggorokan pria berusia 38 tahun itu diuji laboratorium swab dan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga: Tiba di Makassar, 16 Santri Ponpes Al Fatah Temboro Magetan Rapid Test, Hasilnya Reaktif

Namun ternyata, bersama istri dan anaknya, dia pulang ke Kabupaten Mempawah melalui Bandara Supadio Pontianak, Kamis (16/4/2020), tanpa sepengetahuan petugas kesehatan setempat.

"Kami diberitahu Pemkab Magetan, lalu kami telusuri dan ketemu, sekarang sudah di RSUD Rubini Mempawah," ucap Harisson.

Dari hasil tracing, saat di rumah, yang bersangkutan sempat tinggal dengan 8 anggota keluarga yang lain yakni anak, istri, orangtua dan beberapa saudara lain.

Baca juga: Rapid Test Corona Santri Ponpes Temboro, Satu Gedung Disiapkan untuk Tempat Isolasi

Saat ini, mereka sudah diisolasi ketat dengan pemantauan petugas puskesmas dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di kecamatan.

“Jadi orang yang kasus konfirmasi sudah di RS Rubini sedangkan ada delapan tetap diisolasi di rumah. Besok akan dilakukan rapid test untuk semua anggota keluarga ini,” tutup Harisson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com