Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

68.000 KK di Batam Tak Kebagian Sembako, Ini Janji Pemkot

Kompas.com - 22/04/2020, 12:20 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Dari 260.000 kepala keluarga (KK) yang terdampak virus corona atau Covid-19 di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), sedikitnya ada 68.000 KK belum mendapatkan sembako gratis tersebut dari Pemkot Batam.

Hal ini diakui Ketua harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam yang juga Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad.

Baca juga: Meski Ada Wabah Corona, Kegiatan Ekspor-Impor di Batam Berjalan Normal

Diakuinya, berdasarkan pendataan perangkat RT dan RW seluruh Batam, ada 260.000 KK yang terdampak, sementara Pemkot Batam baru mampu menyediakan sebanyak 192.000 KK di tahapan pertama ini.

"Jumlah warga yang terdata ada 260.000 KK. Sedangkan paket yang ada di Disperindag hanya 192.000 paket. Jadi yang belum dapat ada 68.000 KK," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad melalui telepon, Selasa (21/4/2020) kemarin.

Dikatakannya, untuk kekurangan yang belum mendapatkan, secepatnya akan diusahkan agar bisa mendapatkan bantuan sembako gratis ini.

Bahkan saat ini sudah ada sekitar 38.000 paket dari swasta yang siap akan disalurkan untuk tahap selanjutnya.

“Tinggal 30.000 KK lagi yang belum dapat ini dan sampai saat ini masih terus kami upayakan untuk mencarikannya dari pihak swasta,” jelas Amsakar.

Lakukan koordinasi

Lebih jauh Amsakar mengatakan, untuk pembagian sebako yang diberikan pihak swasta, nantinya akan dilakukan tidak bersamaan dengan sembako yang telah dianggarkan dan berasal dari anggaran Disperindag Batam.

Hal ini dilakukan agar tidak adanya tumpang tindih di lingkungan masyarakat, dan masyarakat Batam pun merasakan pakai sembako ini dengan merata.

"Kami harap agar jika ada pihak swasta yang ingin membagikan sembako, sebaiknya jangan dilakukan sendiri-sendiri, hal ini untuk meminimalisasi terjadinya tumpang tindih terhadap masyarakat yang medapatkan,” jelas Amsakar.

Mendapatkan sembako selama 7 bulan

Amsakar kembali menambahkan, masyarakat Batam nantinya akan mendapatkan sembako selama tujuh bulan ke depan, di mana sembako ini diberikan oleh tiga pemerintah secara bergantian.

“Masyarakat Batam nantinya akan menerima sembako selama kurang lebih tujuh bulan, yakni dua bulan dari Pemkot Batam, dua bulan dari BP Batam dan dua bulan dari Gubernur Kepri,” terang Amsakar.

Baca juga: 14 Kru KM Kelud di Batam Positif Terjangkit Corona

Sementara sambako yang diterima saat ini merupakan sembako cuma-cuma dari Pemkot Batam.

“Ya, bisa dikatakan, sembako yang didapatkan saat ini merupakan sembako bonus yang isinya 5 kilogram beras, 2 liter minyak goreng dan 1 kilogram gula pasir,” pungkas Amsakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com