Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Dokter RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Sembuh dari Corona

Kompas.com - 20/04/2020, 22:54 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com -Dua dokter RSUP Dr Sardjito Yogyakarta yang terpapar Covid-19 ternyata telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Saat ini ada satu dokter dan satu perawat yang masih dirawat di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

"Saya luruskan, saat ini tenaga medis kita hanya dua (yang masih dirawat). Satu dokter residen, satu perawat," ujar Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Banu Hermawan, Senin (20/04/2020).

Baca juga: Tiga Dokter dan Satu Perawat RSUP dr Sardjito Positif Covid-19

Banu menyampaikan, ada dua dokter yang dari dua kali tes laboratorium telah dinyatakan negatif Covid-19. Sehingga dua dokter ini dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Dua dokter sudah sembuh. Sudah dua kali cek hasilnya negatif, ya sembuh dan boleh pulang. Sudah diperbolehkan pulang sejak sekitar satu minggu yang lalu," jelasnya.

Dua dokter yang telah diperbolehkan pulang ini, lanjutnya, tidak diawasi oleh rumah sakit secara melekat. Namun bila ada gejala yang dirasakan, harus segera melapor ke rumah sakit.

Dijelaskannya, tiga dokter RSUP Dr Sardjito Yogyakarta terpapar Covid-19 saat menjalani pendidikan di Jakarta. Ketiganya kontak dengan dokter yang positif Covid-19.

Baca juga: Dua Pasien Sesak Napas di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Meninggal Dunia

Sementara untuk satu perawat RSUP Dr Sardjito Yogyakarta yang positif Covid-19 dan masih dirawat tidak ada riwayat perjalanan ke Jakarta. Namun mempunyai riwayat kontak dengan orang Jakarta di Yogyakarta.

Banu menuturkan, satu orang dokter dan satu perawat saat ini masih dirawat di RSUP Dr Sardjito. Kondisi keduanya membaik.

"Sudah tidak ada panas, tidak ada batuk. Kita masih menunggu (hasil) labnya negatif, negatif," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, tiga dokter dan RSUP Dr Sardjito Yogyakarta terpapar Covid-19. Selain dokter, ada satu perawat yang juga dinyatakan terpapar Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com