Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panen Raya di Tengah Pandemi, Wali Kota Tasik Imbau Warga Tak "Panic Buying"

Kompas.com - 20/04/2020, 14:49 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya masih bisa menggelar panen raya di sejumlah titik sentra tanaman padi saat masa pandemi corona, Minggu (19/4/2020) kemarin.

Hasil panen ini membuat stok beras di Kota Tasikmalaya surplus karena menghasilkan 12.000 ton beras melebihi target 10.000 ton.

"Alhamdulillah di masa pandemi corona ini, kita masih bisa panen raya dan hasilnya melebihi target. Stok beras kita surplus dan tersedia sebanyak 12.000 ton. Jadi warga jangan khawatir dan tak perlu punic buying," imbau Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman kepada wartawan, Senin (20/4/2020).

Baca juga: Wali Kota Tasikmalaya Larang Acara Munggahan dan Ngabuburit Selama Ramadhan

Budi menyebutkan, produksi beras 12.000 ton itu berasal dari panen raya di dua lokasi berbeda, yaitu Kecamatan Mangkubumi dan Tamansari.

Budi mencontohkan, hasil panen raya di salah satu gabungan kelompok petani di Kelurahan Sambongjaya, Kecamatan Mangkubumi, didapatkan hasil panen padi sekitar 12 ribu ton. Angka itu melebihi target sebesar 10 ribu ton yang selama ini hasil analisa perhitungan dinas pertanian.

Selain itu, sejumlah petani di Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari, juga memanen padi gogo yang hasilnya dirasakan memuaskan.

"Udah surplus kita pada musim panen sekarang. Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal bahwa kita bisa memerangi corona di bidang kebutuhan bahan pokok secara ekonomi," tambahnya.

Budi pun menambahkan, adanya panen padi gogo membuktikan bahwa para petani saat ini tak hanya dapat menanam padi di sawah, tapi lahan kering. Untuk panen di lahan kering bisa menggunakan varietas padi gogo.

Baca juga: Suami Istri di Tasikmalaya Reaktif Corona Sepulang dari Jakarta dan 1 Meninggal

Ia pun memastikan pasokan kebutuhan pangan 14 bahan pokok aman hingga Idul Fitri. Karena itu, warga diimbau tak khawatir selama pandemi corona dan dijamin stok kebutuhan pokok masyarakat aman dan melebihi target.

"Stok kebutuhan pokok masih stabil dan aman sampai Lebaran nanti juga. Kita, alhamdulillah masih punya stok beras dan lainnya yang masih aman," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com