Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suami Istri di Tasikmalaya Reaktif Corona Sepulang dari Jakarta dan 1 Meninggal

Kompas.com - 20/04/2020, 12:58 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Pasangan suami istri asal Kota Tasikmalaya terkonfirmasi reaktif hasil rapid test setelah mereka pulang dari Jakarta beberapa hari lalu.

Suaminya diketahui meninggal dunia setelah sempat dirawat, Minggu (19/4/2020). Kemudian uji sampel dikirim untuk tes swab pada hari yang sama.

Sedangkan istrinya sampai sekarang masih menjalani perawatan di ruang isolasi salah satu rumah sakit swasta wilayah Kota Tasikmalaya.

"Ya, pasien meninggal hasil reaktif rapid test kemarin. Mereka adalah suami istri, dua-duanya terkonfirmasi reaktif. Pasien meninggal suaminya yang terpapar keduanya dari klaster Jakarta," jelas Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman kepada Kompas.com lewat WhatsApp, Senin (20/4/2020).

Baca juga: Wali Kota Tasikmalaya Larang Acara Munggahan dan Ngabuburit Selama Ramadhan

Budi menambahkan, pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal di Kota Tasikmalaya selama ini sudah dua orang, yakni berstatus positif hasil swab dan reaktif hasil rapid test.

Sementara hasil tes swab pasien meninggal karena reaktif rapid test masih belum bisa diketahui karena belum keluar dari laboratorium di Bandung.

"Iya, sampel pasien meninggal sudah dikirim kemarin. Sampai hari ini hasil swab-nya belum turun," tambah Budi.

Budi pun mengapresiasi masyarakat Kota Tasikmalaya karena sudah tidak ada lagi yang menolak pemakaman jenazah Covid-19.

Pemakaman dilaksanakan di kompleks milik keluarga korban di Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, dengan lancar dan sesuai protokol Covid-19

"Alhamdulilah setelah dilakukan sosialisasi secara masif masyarakat bisa mengerti dan memahami kalau proses pemakaman Covid-19 sesuai protokol tak akan menyebarkan virus. Masyarakat sudah tak mempermasalahkan lagi terkait proses pemakaman," ungkap Budi. 

Bedasarkan data terakhir covid-19 Kota Tasikmalaya, saat ini total terdapat 5 orang terkonfirmasi positif Covid-19 hasil swab dan 22 orang terkonfirmasi reaktif corona hasil rapid test.

Baca juga: Pasien Positif Corona di Tasikmalaya Bertambah Jadi 25 Orang

Dari jumlah itu, 5 orang dinyatakan sembuh dan 2 orang lainnya meninggal dunia.

Sementara sisanya sampai sekarang masih menjalani perawatan di ruang karantina yang tersebar di beberapa rumah sakit di wilayah Kota Tasikmalaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com