Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Guru dan Siswa Bertemu Pasien Positif Corona, Petugas Kesulitan Contact Tracing

Kompas.com - 20/04/2020, 11:58 WIB
Dheri Agriesta

Editor

Sumber Antara

MIMIKA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, melacak (tracing) riwayat kontak pasien 14 yang dinyatakan positif virus corona baru atau Covid-19. Pasien yang berprofesi sebagai guru itu sempat mengajar saat mengalami gejala sakit.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan, guru di salah satu sekolah dasar di wilayah Sempan, Timika, itu bertemu puluhan siswa dan guru di sekolah.

"Yang sangat kami khawatirkan sekarang ini guru-guru dan siswa di sekolah itu, sebab berdasarkan informasi yang kami terima ibu guru yang sekarang ini sakit dan menjalani perawatan di salah satu rumah sakit sempat masuk mengajar dan bertemu dengan guru-guru yang lain maupun siswa di sekolahnya," kata Johannes seperti dikutip dari Antara, Senin (20/4/2020).

Johannes meminta guru dan siswa yang pernah kontak dekat dengan pasien 14 segera melakukan pemeriksaan kesehatan ke puskesmas terdkat.

Baca juga: Bertambah 12, Jumlah Kasus Covid-19 di Papua Capai 107

Ia meminta para guru dan siswa tak perlu malu memeriksakan diri. Johannes menegaskan, virus corona baru bukan aib.

"Tidak perlu malu-malu atau takut untuk memeriksakan diri. Penyakit ini bukan aib. Lebih awal memeriksakan diri jauh lebih bagus agar kita bisa mengetahui kondisi kesehatan kita," kata Johannes.

70 orang melakukan kontak dengan pasien

Sementara itu, petugas penyelidikan epidemiologi dari Dinas Kesehatan Mimika Kamaluddin mengatakan, pasien 14 terinfeksi dari suaminya, pasien 03 yang meninggal dan dinyatakan positif Covid-19.

Kamaluddin telah mengantongi riwayat perjalanan guru tersebut dan siapa saja yang melakukan kontak dekat sebelum diisolasi di rumah sakit.

"Pasien 14 mengaku saat sudah mulai sakit masih sempat mengajar, masih sempat ke sekolah bertemu rekan guru dan siswanya," kata Kamaluddin.

Mengetahui hal itu, Dinas Kesehatan Mimika menghubungi kepala sekolah tempat guru itu mengajar.

Halaman:
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com