Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jelang PSBB Jabar, 5.492 KK Terdampak Covid-19 Mulai dapat Bansos

Kompas.com - 19/04/2020, 21:47 WIB
Maria Arimbi Haryas Prabawanti,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ribuan masyarakat Jawa Barat (Jabar) yang terdampak Covid-19 mulai menerima sejumlah bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Provinsi (Pempov) Jabar, Minggu (19/4/2020).

Bantuan tersebut diberikan kepada 5.492 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) untuk menghadapi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di sejumlah wilayah Jabar.

Adapun rincian penerimanya terdiri dari 4.668 KRTS di Kota Bandung dan 824 KRTS di Kota Cimahi.

Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Eric Mohamad Atthauriq mengaku berterimakasih atas bantuan ini.

Eric mengatakan bantuan ini dapat mengurangi beban masyarakat dalam menjalani PSBB yang mulai berjalan pada 22 April 2020.

Baca juga: Hari Pertama PSBB di Bodebek, Pemprov Jabar Salurkan 5.000 Paket Bansos

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Eric melaporkan berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kota Bandung, sedikitnya ada 137.000 orang yang menerima bansos.

“60.000 di antaranya sudah ter-cover Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), baik dari program sembako maupun Program keluarga harapan (PKH),” tambah Erick.

Dengan demikian, Erick mengatakan, hingga saat ini tersisa 4.668 keluarga dari 77.000 keluarga yang jadi beban Pemerintah Kota Bandung .

“Kami sudah siap mengalokasikan anggaran untuk bantuan,” ucapnya. Kata Erick.

Hal senada disampaikan Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna. Ia menyampaikan terima kasih atas bansos yang diberikan Pemprov Jabar.

Baca juga: Pemkot Bekasi Distribusikan Bansos bagi 150.000 Keluarga Terdampak Covid-19

 

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bersama didengar dan dikabulkan Allah SWT supaya wabah ini cepat berakhir," ujar Ajay.

"Karena yang terkena dampak ini bukan dari sisi kesehatan saja, tapi memberikan dampak terhadap semua sendi kehidupan terutama ekonomi,” tambah dia.

Distribusi bansos oleh PT Pos Indonesia dan Ojol

Adapun untuk distribusi bansos Pemprov Jabar akan dilakukan Perseroan Terbatan (PT) Pos Indonesia dan ojek online (ojol).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiasi keterlibatan PT Pos Indonesia dan Ojol dalam penanggulangan Covid-19. 

“Kami atas nama Pemprov Jawa Barat sangat-sangat bangga dengan kesigapan PT Pos, dan ojol. Tetap semangat mengemban tugas," kata gubernur yang akrab disapa Emil ini.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com