Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Pandemi Corona, 361 TKI dari Berbagai Negara Pulang ke Magelang

Kompas.com - 18/04/2020, 07:54 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Khairina

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mencatat 361 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari sejumlah negara pulang ke Kabupaten Magelang.

Jumlah tersebut tercatat sejak Januari hingga awal April 2020.

"Tercatat ada 361 TKI dari berbagai negara, dan pulang ke beberapa kecamatan di Kabupaten Magelang," jelas Kepala Disperinaker Kabupaten Magelang, Sukamtono, dihubungi Jumat (17/4/2020) sore.

Pihaknya diminta oleh Dirjen Keimigrasian untuk menjemput para TKI tersebut yang pulang di sejumlah pintu-pintu masuk, salah satunya di Bandara A Yani Semarang.

Baca juga: Viral Video Cara Unik Bupati di Sulut Edukasi Corona, Keliling Kampung Bawa Peti Mati

 

Menurut Sukamtono, di pintu masuk itu mereka langsung menjalani pemeriksaan awal (screening) sesuai protokol penanganan Covid-19.

"Setelah di-screening, secara umum hasilnya negatif (nonreaktif) semua. Hanya untuk tindak lanjut dan menenteramkan masyarakat, mereka tetap kami minta melakukan isolasi atau karantina secara mandiri," lanjut Sukamtono.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan satgas percepatan penanganan Covid-19 di desa masing-masing, termasuk dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades), untuk melakukan pengawasan dengan menggunakan dana desa.

Baca juga: Kronologi Puluhan Dokter RSUP Kariadi Semarang Tertular Corona, Terlambat Identifikasi Pasien

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi memaparkan, data terkini kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang, hingga Jumat (17/4/2020) pukul 15.00 WIB, menunjukkan penurunan jumlah orang dalam pemantauan (ODP), yakni dari 214 orang menjadi 199 orang.

Kemudian jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah 2 orang menjadi 27 orang. Pasien sembuh berjumlah 58 orang. 

"Melihat ODP yang semakin hari menurun dan jumlah PDP yang sembuh juga semakin banyak, kita semua berharap keadaan akan semakin jauh lebih baik. Dan semoga 27 PDP yang saat ini masih dirawat di beberapa rumah sakit itu, dalam beberapa hari kedepan juga akan membaik (sembuh)," papar Nanda.

Adapun jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ada tambahan 1 orang sehingga total ada 8. Namun tambahan satu orang ini berasal dari hasil swab yang keluar setelah PDP meninggal dunia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com