Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Eks Peserta Ijtima Ulama Gowa Asal Kaltara Positif Covid-19

Kompas.com - 17/04/2020, 22:56 WIB
Zakarias Demon Daton,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com – Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Utara (Kaltara) Agust Suwandy melaporkan terdapat 19 mantan peserta Ijtima Ulama Gowa, Sulawesi Selatan, asal Kaltara positif Covid-19, Jumat (17/4/2020).

“Delapan pasien yang di Tarakan sebelumnya mereka sudah diisiolasi di RSUD Tarakan dan hari ini semua positif,” ungkap Agust melalui konferensi video.

Sementara, kata dia, 11 pasien di Kabupaten Bulungan, juga sebelumnya diisolasi di RSUD Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor dan sebagian lain di karantina Gedung Badan Diklat Kabupaten Bulungan.

“Jumlah kasus positif di Kaltara sampai hari ini menjadi 47 kasus dari sebelumnya 28 kasus. Dua di antaranya sembuh dan satu orang meninggal dunia,” terang Agust.

Baca juga: Kabar Baik, Pasien Positif Covid-19 Pertama di Samarinda Sembuh

Saat ini, kata Agust, tim gugus tugas masih menunggu 45 hasil swab lagi dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya.

"Tim gugus tugas juga mengirim tambahan 23 sampel lagi ke BBLK, Surabaya, pekan ini," ujarnya.

Sedangkan, 22 sampel di antaranya merupakan eks peserta Ijtima Ulama Gowa asal Nunukan dan satu pasien perjalanan mandiri di Bulungan. 

“Jadi total 68 hasil swab lagi yang kami tunggu,” terangnya.

Baca juga: Jenazah Covid-19 di Samarinda Dimakamkan di TPU Raudlatul Jannah

Kemudian jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 21 orang dan 154 ODP.

“Penambahan kasus yang signifikan ini kami imbau agar masyarakat tetap menaati imbauan pemerintah terkait social distancing, penggunaan masker, dan menjaga kesehatan tubuh,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com