Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ketujuh Pencarian, Plh Sekda Sarmi Belum Juga Ditemukan

Kompas.com - 17/04/2020, 21:22 WIB
David Oliver Purba

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Memasuki hari ke tujuh, pencarian Plh Sekda Sarmi Falvius Yaas yang dinyatakan hilang di Pulau Liki Kabupaten Sarmi pada Sabtu (11/4/2020), hingga Jumat (17/4/2020) belum juga membuahkan hasil.

"Sejak kemarin tim SAR gabungan bersama masyarakat, nelayan telah melakukan pencarian. Sebagian nelayan bahkan menginap di Pulau Armo termasuk Tim Basarnas," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura (Kakansar) Zainul Thahar di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Jumat.

Baca juga: Speedboat Dihantam Ombak, Plh Sekda Sarmi Hilang

 

Pada Jumat pagi, tim SAR melanjutkan pencarian dan berharap korban segera ditemukan.

Lokasi pencarian masih difokuskan di Pulau Liki, di mana speed boat korban terbalik. Pencarian juga dilakukan di pulau-pulau di sekitar Sarmi.

Sebanyak 23 perahu nelayan turut ikut dalam pencarian ini.

Zainul mengatakan, sesuai dengan Undang-undang Pencarian dan Pertolongan (SAR) No 29 tahun 2014 pasal 34, operasi pencarian dan pertolongan dilaksanakan paling lama tujuh hari.

"Batas paling lama pencarian oleh Tim SAR dilakukan tujuh hari saja. Selanjutnya akan dilakukan pemantauan mengingat tidak ada tanda-tanda keberadaan korban. Namun, saat dalam masa pemantaun, apabila ada laporan indikasi keberadaan korban, maka operasi SAR dapat dibuka kembali," ujarnya.

Baca juga: Bocah 10 Tahun Hilang Tenggelam di Sungai Serayu Banjarnegara

Ia menambahkan, Kepala Seksi Operasi SAR di dampingi Kepala Sumber Daya dan Koordinator Pos SAR Sarmi siang tadi bertemu Bupati Sarmi berkaitan dengan rencana penutupan Operasi SAR.

Bupati Sarmi Edward Fonataba mengucapkan terima kasih kepada Tim Basarnas dan unsur terkait yang telah membantu melakukan pencarian korban selama tujuh hari ini.

Bupati juga berpesan agar semua masyarakat dan nelayan yang hendak melaut sebaiknya menggunakan alat keselamatan diri (pelampung).

Sebelumnya diberitakan, speed boat berpenumpang empat orang terbalik setelah dihantam ombak di Laut Sarmi, Papua, Sabtu (11/4/2020).

Dalam musibah ini tiga orang berhasil ditemukan selamat, sementara seorang belum ditemukan yakni Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Sarmi, Flavius Yaas.

Kepala Kantor SAR Jayapura Zainul Thahar mengatakan musibah itu terjadi pada Sabtu sekitar pukul 18.00 WIT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com