Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi Otak Rusuh Lapas Manado Tempati Lapas One Man One Cell di Nuskambangan

Kompas.com - 17/04/2020, 10:57 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Sebanyak 19 narapidana (napi) pindahan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuminting Manado ditempatkan di Lapas Karanganyar Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dengan sistem super maximum security.

Kepala Lapas Batu sekaligus Koordinator Lapas se-Nusakambangan Erwedi Supriyatno  mengatakan, Lapas Karanganyar menerapkan sistem one man one cell.

"Napi yang baru datang kami tempatkan di Lapas Karanganyar yang menerapkan super maximum security. Yang namanya super maximum security satu orang menempati satu kamar dan dipantau melalui CCTV," kata Erwedi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (17/4/2020).

Baca juga: Tiba di Nusakambangan, Napi Otak Rusuh Lapas Manado Disemprot Antiseptic

Erwedi menjelaskan, sesuai dengan program revitalisasi kemasyarakatan, di Lapas Karanganyar napi akan menjalani pembinaan tahap awal.

"Ada pembinaan awal dulu, kalau ada perubahan perilaku dan tingkat risiko keamanan menurun, mereka bisa dipindahkan ke lapas maximum security (tingkat keamanan satu tingkat di bawah super maximum security)," jelas Erwedi.

Dua lapas yang menerapkan maximum security di Pulau Nusakambangan, kata Erwedi, ialah Lapas Besi dan Lapas Narkotika.

Baca juga: Buntut Kerusuhan, Kalapas Manado Diberhentikan Sementara

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 19 orang napi dari Lapas Tuminting Manado dipindahkan ke Lapas di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (16/4/2020) malam.

Napi tiba di Pulau Nusakambangan sekitar pukul 18.25 WIB dan masuk ke dalam lapas sekitar 19.25 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com