Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Maaf untuk Sementara Kami Tidak Menerima Tamu"

Kompas.com - 14/04/2020, 11:54 WIB
Markus Makur,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - "Maaf untuk sementara kami tidak menerima tamu." Kalimat itu tertulis di kertas putih yang menempel di pintu masuk rumah warga Desa Pong Ruan, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di bawah tulisan itu, terlihat gambar yang menunjukkan cara keluar rumah dan masuk ke rumah saat pandemi virus corona baru atau Covid-19.

Terlihat juga gambar yang menjelaskan ancaman pidana bagi masyarakat yang nekat berkerumun selama pandemi corona.

Tulisan itu merupakan cara Kepala Desa Pong Ruan, Dosansianus T Lewagan, mencegah penyebaran virus corona baru atau Covid-19 di wilayahnya.

Legawan mengatakan, masyarakat di pedalaman Manggarai Timur tak banyak mendapatkan informasi tentang pencegahan penyebaran virus tersebut.

Awalnya, masyarakat masih beraktivitas seperti biasa.

Namun, beberapa pekan terakhir masyarakat mulai khawatir dengan berita penularan virus corona di NTT.

"Selama dua minggu belakangan ini, informasi penularan Covid-19 ini sudah amat genting yang dirasakan oleh masyarakat dan juga informasi orang-orang merantau kembali ke kampung masing-masing menambahkan kekhawatiran dan ketakutan di tengah masyarakat," kata Legawan di Desa Pong Ruan, Senin (13/4/2020).

Setelah mendapatkan instruksi membentuk posko relawan Covid-19 dari Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, Legawan langsung bergerak.

Bersama beberapa staf desa, Legawan membentuk tim relawan desa. Mereka mendata jumlah warga yang baru kembali dari perantauan.

Sosialisasi tentang virus corona pun dilakukan, seperti memasang baliho berisi imbauan melarang berkumpul dan keluar rumah di sejumlah tempat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com