Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Komunitas Harley Davidson Berburu Ribuan APD hingga ke Yogyakarta, Dibagikan Gratis di Tasikmalaya

Kompas.com - 14/04/2020, 09:21 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Mendapatkan produk alat pelindung diri (APD) sesuai standar kesehatan medis saat masa pandemi corona sekarang ini sangat tidak mudah.

Selain produk harus berkualitas tentunya harganya pun tidaklah murah dan mendapatkannya pun harus di pabrik khusus.

Dengan mengandalkan jejaring sesama pecinta motor, komunitas Harley Davidson Tasikmalaya berhasil membawa ribuan set APD langsung dari pabrik untuk dibagikan secara gratis ke beberapa instansi.

"Alhamdulilah, kita mendapatkannya tidaklah sulit saat orang lain mencari-cari produk APD sesuai standar medis," jelas salah satu pengurus Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Tasikmalaya, Iman Hidayat kepada Kompas.com, Selasa (14/4/2020).

"Beruntung kita ada jejaring sesama pecinta motor Harley asal Yogyakarta, yang ternyata sejak dulu sudah memproduksi APD. Kita berhasil bisa beli ribuan untuk dibagi-bagikan gratis di Tasikmalaya bagi garda terdepan penanganan medis." 

Baca juga: Tetap Cari Nafkah di Tengah Wabah, Pencukur Rambut Ini Kenakan APD

Iman mengaku, selama ini bersama para anggota dan pengurus HDCI Tasikmalaya urunan mengumpulkan biaya untuk bisa mendatangkan ribuan APD tersebut.

Pihaknya selama ini sangat peduli terhadap keselamatan para garda terdepan yang senantiasa setiap harinya berjuang memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Apalagi, APD dipakai hanya sekali pakai tentunya sangat membutuhkan stok yang banyak sebagai salah satu alat peperangan melawan corona.

"Awalnya, kita mengetahui kalau tenaga medis di Tasikmalaya kekurangan APD sampai terpaksa memakai jas hujan plastik. Kita berupaya dan berusaha, ternyata ada sahabat sesama pecinta motor Harley asal Yogyakarta yang dari dulu memproduksi APD ini. Total yang sudah dibagikan ada sampai 2.000 set APD disebar di beberapa daerah se-Priangan Timur," tambah Iman.

Baca juga: IKM Babel Produksi dan Bagikan Masker Kain secara Gratis

Hal sama diungkapkan, Ketua HDCI Tasikmalaya Herdi Suganda, yang mengaku langkahnya itu telah berhasil memberikan bantuan ribuan APD ke beberapa instansi pemerintah seperti tenaga medis rumah sakit di beberapa daerah se-Priangan Timur, Jawa Barat.

Selain itu, khusus di Kota Tasikmalaya pihaknya pun memberikan APD ini untuk petugas Kepolisian yang berjibaku memberantas tindakan kriminal dan kejahatan lainnya di masa bahaya corona.

"Selain ke pemerintah-pemerintah, kita juga berikan APD gratis ini ke anggota Kepolisian," tambahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com