Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Teknis Penyaluran Bansos Saat PSBB di Jawa Barat

Kompas.com - 13/04/2020, 22:48 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan penyaluran bantuan sosial (bansos) saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilakukan di lima daerah, yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi (Bodebek), pada 15 April mendatang.

Nantinya bansos sembilan bahan pokok (sembako) yang didistribusikan kepada masyarakat akan dibeli Pemerintah Provinsi Jawa Barat dari pasar tradisional. Hal tersebut guna menghidupkan perekonomian pasar itu sendiri.

"Kalau pemerintah pusat punya instrumen sendiri, karena sudah rutin tapi khusus Pemprov Jabar kalau sembako belinya dari pasar, kalau kurang baru dari Bulog, sehingga pedagang pasar bisa hidup," kata Emil di Mapolda Jabar, Senin (13/5/2020).

Baca juga: Gubernur Jabar Prediksi Juni Dekati Normal jika Warga Disiplin

Dijelaskan, pengiriman bansos akan dilakukan oleh PT Pos yang dinilainya memiliki sistem inventori aplikasi yang canggih.

"Nanti mereka (PT Pos) mempekerjakan ojol online yang menganggur gara-gara Covid-19 sehingga sistemnya di-deliver oleh motor-motor ini dan tentu nanti konsultasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa tentu nanti sampai ke rumah-rumah penduduk supaya kondusif," jelas Emil.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan bahwa pemerintah telah menyiapkan skema bantuan bagi masyarakat terdampak.

Penerima bantuan ini akan dibagi menjadi dua golongan. Golongan pertama adalah warga miskin yang sudah terdata dalam sensus ekonomi.

Golongan kedua adalah mereka yang belum terdata karena masuk kelompok rawan miskin baru termasuk para pendatang atau perantau.

"Yang terpenting dicatat adalah perantau juga kita bantu ya," kata Emil.

Bantuan untuk golongan pertama ini akan dibantu melalui APBN dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Prakerja.

"Bantuan dari Bodebek ini ada dari tujuh pintu, yaitu, melalui PKH, kartu sembako yang sudah rutin, kartu prakerja, bantuan Presiden lewat bansos Rp 600.000. Yang di kabupaten mereka akan dibantu melalui dana desa, kalau masih belum cukup ada dana sosial dari provinsi, kalau masih kurang akan diberikan (bantuan dari) dana sosial kota kabupaten di lima wilayah tersebut," kata Emil beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bekasi Masih Tunggu Menkes Setujui Status PSBB Jawa Barat

Ada pun waktu distribusi bantuan akan bervariasi. Bantuan pemerintah provinsi akan mulai didistribusikan saat PSBB mulai dilaksanakan pada Rabu (15/4/2020) mendatang.

Dilanjutkan dengan distribusi bantuan dari pemerintah pusat sepekan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com