Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Jabar Tambah Tes Masif Corona Jadi 1.200 Kali Per Hari

Kompas.com - 13/04/2020, 16:38 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan kembali melakukan tes masif minggu ini.

Jika sebelumnya kapasitas tes per harinya hanya 140 pemeriksaan swab, kali ini bertambah menjadi 1.200 pemeriksaan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, penambahan pemeriksaan tersebut terjadi karena alat yang dibeli Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Jabar sudah datang dari Korea Selatan, ditambah hibah dari Universitas Padjajaran (Unpad) dan mesin polymerase chain reaction (PCR) dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Mesin PCR itu rencananya ditempatkan di wilayah Pantura.

"Minggu lalu kapasitas kita hanya 140 pengetasan, Minggu ini pengetesan swab per hari bisa 1.200," kata Emil di Mapolda Jabar, Senin (13/4/2020).

Baca juga: Wagub Jabar Kembali Ingatkan Masyarakat untuk Tidak Mudik

Sementara terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di lima daerah yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi (Bodebek) yang akan dimulai pada 15 April mendatang, Emil mengatakan bahwa Tim Gugus Jabar telah bekerja secara maksimal sehingga pihaknya optimistis penanggulangan Covid-19 di Jabar akan terkendali dan terukur.

"Kami punya optimisme yang luar biasa penanggulangan Covid-19 di Jabar ini akan terkendali dan terukur oleh kekompakan luar biasa dari para pemangku kepentingan," kata Emil.

Pekan ini, pihaknya akan fokus pada PSBB di Bodebek dengan mengerahkan semua tim untuk memberikan edukasi mengenai PSBB dan konsekuensinya.

"Semua tim akan mengerahkan semua resources-nya untuk memberikan edukasi apa itu PSBB Bodebek, konsekuensinya apa, kemudian juga siapa yang terdampak dan siapa yang mendapatkan bantuan dan lain sebagainya," kata Emil.

Menurutnya, kombinasi PSBB dengan kedisiplinan dan tes masif ini bakal menjadi kunci dalam memetakan persebaran virus corona.

Baca juga: HTI Terlibat dalam Penanggulangan Covid-19 di Jabar, Ini Penjelasan Pemprov Jabar

Seperti diketahui, Menteri Kesehatan telah mengirimkan surat persetujuan yang menyatakan bahwa lima provinsi di Jawa Barat disetujui melaksanakan PSBB. Rencana penerapan ini dimulai tanggal 15 April 2020 hingga 14 hari ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com