Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPP untuk Sekolah Swasta di Kepri Disubsidi 3 Bulan untuk Kurangi Dampak Corona

Kompas.com - 13/04/2020, 10:32 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Plt Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto mengatakan pihaknya akan memberi subsidi SPP untuk sekolah swasta di Kepri. Subsidi itu akan diberikan kepada SMA, SMK dan MA swasta di seluruh Kepulauan Riau.

Dinas Pendidikan Kepri diminta segera mengkalkulasi dan mengeksekusi subsidi itu.

“Insyaallah untuk tiga bulan ke depan kami membantu subsidi untuk sekolah-sekolah swasta di Kepri. Semoga dengan subsidi ini dapat meringankan masyarakat di masa tanggap darurat akibat pandemi Covid-19,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, TS Arief Fadillah melalui telepon, Senin (13/4/2020).

 Baca juga: Tanggap Dampak Ekonomi Corona, Kepri Gratiskan SPP untuk SMA, SMK dan SLB

Sebelumnya, Pemprov Kepri telah menggratiskan pembayaran SPP untuk sekolah-sekolah negeri di Kepri. Khususnya SMA, SMK dan SLB.

Penggratisan itu diberikan untuk tiga bulan, yaitu pembayaran bulan April, Mei dan Juni.

Pemprov Kepri juga fokus membantu tenaga kesehatan yang menangani langsung pasien-pasien terdampak Covid-19, dengan memberikan insentif untuk dokter, perawat dan tenaga penunjang lainnya.

“Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai sebaran Covid-19, Pemprov Kepri terus mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang meringankan beban masyarakat,” kata Arief.

Baca juga: UPDATE Corona di Kepri: Positif Covid-19 Bertambah Jadi 23 Kasus

Belajar dari rumah diperpanjang

Pemprov Kepri juga sudah menerbitkan perpanjangan kegiatan belajar mengajar di rumah pada satuan pendidikan hingga 2 Juni dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di Kepri.

“Untuk SMA, SMK dan SLB mulai tanggal 14 hingga 27 April 2020 tetap meniadakan kegiatan tatap muka di kelas,” kata Arief.

Di edaran itu juga disebutkan libur Hari Buruh tanggal 1 Mei 2020, libur Hari Raya Waisak tanggal 7 Mei 2020, libur Kenaikan Isa Almasih tanggal 21 Mei 2020 dan libur Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2020.

Sementara pada tanggal 22-30 Mei 2020 merupakan libur sebelum dan sesudah Hari Raya.

Baca juga: Penerapan PSBB Cegah Covid-19 di Pekanbaru Riau Tinggal Tunggu Izin Menkes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com