Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Sembuh Covid-19 Disambut sebagai Pejuang Kemanusiaan oleh Warga di Tasikmalaya

Kompas.com - 13/04/2020, 07:46 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Ratusan Warga Kampung Gunung Siman, Kelurahan Cigantang, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menyambut langsung kepulangan pasien sembuh yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 dan dirawat di ruang karantina salah satu rumah sakit swasta di Kota Tasikmalaya, Sabtu (11/4/2020).

Pasien berinisial AU (35), warga kampung setempat, selama beberapa pekan menjalani masa karantina dan pengobatan sampai akhirnya dinyatakan sembuh setelah hasil swab-nya negatif.

Masyarakat menilai salah satu warganya itu sebagai pejuang kemanusiaan dan memberikan edukasi berharga tentang apa itu penyakit Covid-19.

"Alhamdulillah, pasien kedua yang terkonfirmasi positif di Kota Tasikmalaya sembuh dan pulang ke rumahnya. Pasca pulang, dia akan melakukan isolasi mandiri yang dilakukan oleh keluarganya selama 14 hari di rumahnya," jelas Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman saat dihubungi lewat telepon, Senin (13/4/2020). 

Baca juga: Wali Kota Tasikmalaya Tak Mau Corona Dianggap Sepele, Minta Warga Laporkan Pemudik dari Zona Merah

Budi pun meminta masyarakat Kota Tasikmalaya tidak lagi khawatir apabila ada bagian masyarakatnya yang pulang sembuh akibat Covid-19.

Soalnya, selama ini pasien sembuh tak akan berpotensi untuk menularkan kembali virus corona kepada lingkungannya selama ini.

"Masyarakat akan ikut fasilitasi pasien selama isolasi mandiri 14 hari dan itu tentunya sangat luar biasa walaupun kita jaga jarak, hati dan kepedulian semakin dekat. Karena, mereka adalah saudara yang harus terus dibantu dan mendukung mereka untuk isolasi mandiri. Tapi, kami mengimbau masyarakat agar menerima pasien Covid-19 yang pulang, temasuk pasien yang meninggal," ujar Budi.

Baca juga: Warga Sewakul Khawatir Tak Dapat Pelayanan Kesehatan Setelah Insiden Penolakan Pemakaman Perawat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com