Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Covid-19, 100 PSK di Gang Sadar Baturraden Dipulangkan ke Daerah Asal

Kompas.com - 12/04/2020, 11:16 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Lebih dari 100 Pekerja Seks Komersial (PSK) di Gang Sadar dan kawasan wisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing.

Pemulangan dibagi dalam lima bus sesuai dengan daerah asal masing-masing, Minggu (12/4/2020). Tujuannya antara lain ke sejumlah kota di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat dan Lampung.

"Atas kesadaran mereka untuk mengantisipasi penularan Covid-19 maka pulang ke kampung masing-masing. Hari ini dipulangkan," kata Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono.

Baca juga: Hendak ke Sawah, Seorang Petani di Banyumas Dilaporkan Hilang

Sadewo mengatakan, sebelumnya jajaran forkompinda juga telah mengimbau agar tidak ada aktivitas di Gang Sadar. Pembatasan aktivitas itu untuk mengantisipasi penyebaran corona.

"Kemarin sudah didata, tapi ada tambahan dari lokasi, maaf, selain Gang Sadar ada yang ikut. Ini bukti kehadiran negara di tengah keresahan masyarakat. Total yang dipulangkan lebih dari 100 orang," ujar Sadewo.

Sementara itu, Kapolresta Banyumas Kombes Whisnu Caraka mengatakan, pemulangan para PSK dikawal oleh anggota polisi bersama jajaran TNI, Dinas Perhubungan (Dinhub) dan Satpol PP.

Baca juga: Kisah Haru Mulyono, Driver Ojol Asal Banyumas yang Ditipu Penumpang: Seandainya Saya Bisa Menangis

"Untuk pengawalan di masing-masing bus dilakukam tim gabungan. Kami melakukan pengawalan sampai terminal tempat tujuan," jelas Whisnu.

Diberitakan sebelumnya, lokalisasi Gang Sadar ditutup sementara waktu untuk menghindari penyebaran virus corona yang lebih luas. Penutupan dilakukan atas inisiatif dari paguyuban dan instruksi dari pemkab, Senin (6/4/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com