Dua Kasus Pertama Positif Corona di Lombok Barat, Pasien Ikut Kegiatan Jemaah Tabligh di Gowa

Kompas.com - 10/04/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi virus corona dan gejala terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona dan gejala terinfeksi virus corona

 

LOMBOK BARAT, KOMPAS.com- Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat Ambarwati mengkonfirmasi ada 2 orang warga yang  positif Covid-19.

Dua warga tersebut merupakan kasus pertama Covid-19 di wilayah Lombok Barat.

"Iya dua pasien ini merupakan kasus pertama positif Covid-l9 di wilayah kerja kita," kata Ambarwati dikonfirmasi, Jumat (10/4/2020).

Baca juga: Gubernur Gorontalo Umumkan Kasus Pertama Positif Corona

Diketahui, dua pasien tersebut yakni laki-laki berinisial LAB (54), penduduk Kecamatan Narmada. Pasien diketahui memiliki riwayat bepergian ke daerah terjangkit Covid-19, dalam 14 hari sebelum sakit.

Sedangkan pasien kedua yakni laki-laki berinisial AS (47), merupakan penduduk Kecamatan Lingsar, dan diketahui pasien memiliki riwayat perjalanan ke Makassar dalam 14 hari sebelum sakit.

Lebih lanjut, Ambarwati menerangkan, dua pasien tersebut merupakan jemaah tabligh dan memiliki riwayat perjalanan pernah mengikuti kegiatan di Gowa beberapa waktu lalu.

"Yang dua (pasien positif)  ini majelis tabligh Klaster Gowa. Hampir di seluruh Indonesia klaster Gowa ini yang positif," kata Ambarwati kepada Kompas.com.

Baca juga: Jadi Pasien Positif Covid-19 Pertama di NTT, YouTuber Ini Umumkan Hasil Tes Swab Lewat YouTube

Untuk antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Lombok Barat, Pemkab akan melakukan isolasi di rumah dan melakukan rapid test kepada orang yang kontak langsung dengan pasien.

Selain itu juga Ambarwati juga menyarankan seluruh masyarakat Lombok Barat harus jujur melapor ke aparat desa atau camat apabila keluarga ada yang pulangdari Gowa atau jamaah tablig.

Hingga kini Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Lombok Barat sebanyak 3 Orang, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 159 orang.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X