KILAS DAERAH

Punya Laboratorium Sendiri, Tes Sampel Covid-19 di Jabar Kini Lebih Cepat

Kompas.com - 09/04/2020, 13:21 WIB
Petugas Labkesda Jabar saat melakukan tes swab pada sejumlah warga di Bandung, beberapa waktu lalu. Dok. Pemprov JabarPetugas Labkesda Jabar saat melakukan tes swab pada sejumlah warga di Bandung, beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com – Hasil tes sampel coronavirus disease 2019 ( Covid-19) di Jawa Barat (Jabar) kini lebih cepat.

Itu karena Balai Laboratorium Kesehatan atau Labkesda Jabar menjadi laboratorium rujukan tes sampel Covid-19.

Tak hanya metode rapid diagnosis test (RDT), laboratorium juga dapat memeriksa tes melalui swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

Saat ini, ada tiga alat PCR dengan proses ekstraksi dilakukan secara manual. Namun dalam waktu dekat, balai akan mendapat tambahan alat PCR dan ekstraksi masing-masing dua, sehingga prosesnya makin cepat.

Baca juga: Rumah Lawan Covid-19 di Tangsel Bakal Tampung Pasien ODP dan PDP

Untuk memeriksa sampel Covid-19, Labkesda Jabar bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Pusat Nanosains & Nanoteknologi Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Selain dengan Unpad, kami juga sinergi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH), terutama dalam PCR,” kata Penanggung Jawab Laboratorium Ryan B Ristandi dalam keterangan tertulis.

Labkesda Jabar juga tengah menyiapkan laboratorium satelit bersama Institut Pertanian Bogor untuk penanganan Covid-19 di Bogor, Depok, dan Bekasi.

Baca juga: China Mulai Uji Klinis Carrimycin untuk Pengobatan Covid-19

Nantinya, hasil tes swab dapat dilakukan secara mandiri agar deteksi dan penanganan dapat lebih responsif tanpa harus menunggu dari pemerintah pusat.

Kompetensi Labkesda Jabar

Labkesda Jabar sendiri telah mengantongi sertifikat Laboratorium Penguji dan Laboratorium Medik dari Komite Akreditasi Nasional.

WHO pun juga telah mengakui kompetensi Labkesda Jabar melalui sertifikat Bio Safety Laboratory 2 Plus.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X