Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Viral Tenaga Medis Shalat Pakai APD di Ruang Isolasi Pasien Corona

Kompas.com - 09/04/2020, 07:12 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Momen seorang tenaga medis pasien corona di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Wahidi Sudiro Husodo, Mojokerto, melakukan shalat dengan masih menggunakan alat pelindung diri (APD), jadi viral di media sosial.

"Memang itu paramedis yang khusus menangani pasien Covid-19 di sini. Petugas kami yang melakukan shalat itu bertugas di bagian dalam ruang isolasi," kata Elisabeth, Kasi Keperawatan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/4/2020). 

Baca juga: Viral Video Tenaga Medis Shalat Pakai APD Lengkap di Mojokerto

Cegah penularan corona

Elisabeth menambahkan, seluruh petugas medis yang bertugas di ruang isolasi untuk menangani pasien corona, kata dia, wajib mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan.

Salah satunya adalah dilarang melepas APD sebelum selesai bertugas di ruang isolasi agar mencegah penularan virus Covid-19.

Petugas medis yang sedang bertugas di ruang isolasi juga tidak mungkin untuk melakukan shalat di mushala rumah sakit karena harus bersiaga di ruang isolasi sampai datang pergantian sif.

"Insya Allah, shalat itu untuk menguatkan batin petugas kami. Bagi kami, masuk ke ruang isolasi itu adalah berjuang. Seluruh protap harus kami ikuti dan kewajiban juga tetap dilaksanakan," katanya

Viral di media sosial

Seperti diberitakan sebelumnya, video petugas medis tersebut diunggah oleh akun Facebook atas nama Ida Sulaiman, pada Selasa (7/4/2020) pukul 06.57 WIB.

Dalam keterangannya, Ida menulis demikian:

"Ini beneran terjadi, kewajiban tetep kudu dilaksanakan. Kenapa dilakukan seperti itu? Karena takut, untuk meminimalisir kontaminasi," demikian tulis Ida dalam status Facebooknya.

Tak hanya itu, Ida juga menggambarkan bagaimana kondisi dan perjuangan pada tenaga medis saat bertugas menangani pasien corona.

Ida pun mengimbau masyarakat agar mematuhi arahan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak aman serta disiplin mengenakan masker. 

"Bantu kami plissss, stay at home saja. Jangan keluar kalau tak mendesak, jaga imun, jaga iman. Kalaulah terpaksa harus keluar rumah pakai masker, jaga kebersihan tangan," tulis Ida.

(Penulis: Kontributor Jombang, Moh. Syafií | Editor: Robertus Belarminus)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com