Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Positif Covid-19 Pertama di Gresik Dinyatakan Sembuh

Kompas.com - 08/04/2020, 20:32 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Kabar gembira datang dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Satu orang warga Gresik yang sebelumnya sempat dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19), telah dinyatakan sembuh dan menjalani kehidupan normal.

Satuan Tugas Gugus Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Gresik mengonfirmasi, bahwa positif 01 yang merupakan warga Kecamatan Driyorejo dikabarkan sudah sembuh setelah menjalani tes swab terbaru dengan hasil negatif.

"Kami mendapat kabar dari provinsi merujuk hasil swab yang dikeluarkan oleh pusat, bahwa warga Driyorejo yang sebelumnya positif kini dinyatakan sudah sembuh dan kembali menjalani kehidupan normal," ujar Kepala Dinas Kesehatan Gresik, Saifudin Ghozali, saat ditemui di sela agenda penyerahan (alat pelindung diri (APD) untuk tim medis puskesmas dan rumah sakit di Gresik, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: UPDATE Kasus Corona di Gresik: Pasien Positif Corona 5 Orang, 57 PDP

Ghozali yang juga tergabung dalam Satuan Tugas Gugus Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Gresik menuturkan, selain satu pasien positif yang dikonfirmasi sembuh, ada pula beberapa pasien dalam pengawasan (PDP) yang juga dinyatakan sembuh.

"Untuk PDP yang sudah sembuh, hingga hari ini tercatat sebanyak 23 orang. Sementara yang masih dalam status pengawasan ada 44 orang," ucap dia.

"Semoga setelah ini akan lebih banyak lagi yang sembuh, dan tidak ada lagi yang masuk sebagai PDP maupun pasien positif," harap Ghozali.

Sebelumnya diberitakan, pasien positif 01 merupakan perempuan berusia 34 tahun asal Kecamatan Driyorejo.

Ia adalah orang pertama asal Gresik yang ditemukan mengalami gejala positif Covid-19, kendati pasien menjalani perawatan dan pemeriksaan di salah satu rumah sakit yang ada di Surabaya.

Sehingga, kini tinggal tiga orang asal Gresik yang statusnya positif dan masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Papua Tambah 14 Kasus Positif Corona, Satgas: Physical Distancing Belum Berjalan

Mereka yakni pasien positif 03, positif 04, serta positif 05, sementara pasien positif 02 yang merupakan warga Kecamatan Manyar telah meninggal dunia.

Menurut data kumulatif yang dirilis oleh Satuan Tugas Gugus Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Gresik hingga Rabu (8/4/2020) sore, tercatat lima positif.

PDP sebanyak 69 orang, dengan 23 orang dinyatakan sembuh, 44 orang masih dalam pengawasan, dan dua PDP meninggal dunia.

Sementara OTG (orang tanpa gejala) ada sebanyak 60, dan orang dalam pemantauan (ODP) ada sebanyak 850 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com