Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalani KKN, 330 Mahasiswa Kedokteran Unand Jadi Relawan Covid-19

Kompas.com - 07/04/2020, 08:05 WIB
Perdana Putra,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 330 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) menjadi relawan untuk penanganan virus corona atau Covid-19 di Sumatera Barat.

Mahasiswa tersebut berasal dari Fakultas Kedokteran untuk program studi kedokteran dan keperawatan dalam bentuk kuliah kerja nyata (KKN) tematik.

"Mereka akan ditempatkan di rumah sakit dan laboratorium," kata Rektor Unand Yuliandri saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/4/2020).

Baca juga: Masuk ke Kota Padang Wajib Gunakan Masker jika Tak Ingin Kena Denda

Yuliandri mengatakan, relawan ini bertugas selama satu bulan, terhitung sejak diresmikan pada Senin kemarin.

Menurut Yuliandri, mahasiswa tersebut akan melakukan kegiatan seperti memberikan informasi secara masif mengenai Covid-19, dengan sasaran seluruh masyarakat melalui media sosial.

“Mereka juga menjadi relawan di laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran yang akan mengurus administrasi dan logistik,” kata Yuliandri.

Baca juga: 1 Pasien Corona di Kepri Punya Riwayat Perjalanan ke Bekasi

Relawan ini juga akan membuat alat pelindung diri (APD) berupa masker, face shield dan baju pelindung atau hazmat untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis dalam menangani kasus Covid-19.

"Relawan mahasiswa ini diterjunkan untuk melakukan program preventif dan promotif melalui komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19,” kata Yuliandri.

Menurut Yuliandri, semakin banyak masyarakat yang mengerti dan paham tentang virus corona, maka diharapkan agar lebih waspada dan terhindar dari Covid-19 ini.

"Karena virus ini sudah mewabah hingga ke Sumbar, kita berharap relawan ini bisa mengedukasi masyarakat," kata Yuliandri.

Baca juga: Bahan untuk Lab Covid-19 di Padang Kosong akibat Tertahan di Bea Cukai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com