Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Diminta Tak Besuk Bayi 4 Bulan yang Baru Sembuh dari Covid-19

Kompas.com - 06/04/2020, 22:30 WIB
Dani Julius Zebua,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com –Bayi empat bulan yang sembuh dari Covid–19 bersiap pulang dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Direktur RSUD Wates, Lies Indriyati mengharapkan bayi lebih banyak istirahat di rumah. Karenanya, warga dan kerabat diimbau tidak menjenguk bayi itu terlebih dahulu. 

Lies mengungkapkan, imbauan ini untuk melindungi bayi yang baru sembuh dan masih rentan tertular penyakit serupa. 

“Bukan dilarang, tetapi belum tentu yang  datang semuanya sehat atau tidak membawa virus. Nuwun sewu (maaf) jangan besuk dulu. Biar (bayi ini) tidak ketularan lagi," kata Lies dalam keterangan pers via video conference di Kantor Pemkab Kulon Progo, Senin (6/4/2020).

Baca juga: Pemkab Kulon Progo DIY Siapkan Rp 21 M Hadapi Covid-19

"Kita tidak tahu apakah setelah terinfeksi adik ini memiliki kekebalan yang cukup  ketahanannya untuk menghadapi serangan virus lagi,” sambungnya.

Lies mengungkapkan, penyebaran virus corona ada yang bergejala dan ada pula yang tidak bergejala. Masyarakat harus waspada khususnya yang tanpa bergejala. 

Sementara, belum ada penelitian yang menunjukkan pasien sembuh tidak tertular lagi. Untuk melindungi bayi yang baru pulih itu, Lies mengharap tidak ada yang membesuk.

Humas Tim Covid RSUD Wates, Albertus Sunuwata Triprasetya mengungkapkan, manusia mengandalkan antibodi dalam melawan virus ini.

Baca juga: Bayi 4 Bulan yang Positif Covid-19 di Kulonprogo Dinyatakan Sembuh

Karenanya, belum tentu pasien sembuh tidak tertular lagi. Bayi dan orang lanjut usia merupakan usia paling rentan tertular. 

Pihak RSUD Wates mengharapkan, bayi tersebut menjalani karantina di rumah.

“Kalau sampai rumah harus tetap karantina dan isolasi. Adik ini harus istirahat dulu meski negatif. Karena virus ini mengandalkan antibodi, masih memungkinkan terinfeksi lagi. Maka harus terus dijaga dan ketahanan tubuh ditingkatkan,” kata Sunu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com