Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan Isolasi Diri di Hutan Sepulang dari Jakarta, 8 Pemuda Ini Akhirnya Dievakuasi

Kompas.com - 06/04/2020, 20:58 WIB
Raja Umar,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

ACEH BESAR, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menjemput delapan pemuda yang sebelumnya sudah tujuh hari mengisolasi diri di kawasan hutan Desa Jalin, Kecamatan Kota Janthoe. 

Sebelumnya, kedelapan pemuda itu baru pulang dari perantauan di Jakarta.

Mereka akhirnya dipindahkan ke kompleks Jantho Sport City (JSC) di depan Meuligo Bupati Aceh Besar, per Senin (06/04/2020). 

"Delapan pemuda berstatus ODP karena baru pulang dari Jakarta, dijemput oleh Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali, Wabup Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab, bersama Muspika Kota Jantho," kata Muhajir, Kabag Humas Pemkab Aceh Besar, melalui rilis yang diterima Kompas.com, Senin (06/04//2020).

Baca juga: Pulang dari Jakarta, 8 Pemuda Aceh Besar Pilih Isolasi Diri di Hutan

Menurut Muhajir, pemindahan delapan pemuda itu yang sebelumnya memilih lokasi karantina mandiri di kawasan hutan Jalin itu dilakukan Pemerintah Aceh Besar untuk mendapatkan tempat isolasi yang layak dan mudah dipantau oleh pihak Puskesmas Kota Jantho bila di antara pemuda tersebut ada yang mengeluhkan kesehatannya.

"Mereka dipindahkan ke kompleks Jantho Sport City (JSC) mudah dipantau oleh Pihak puskesmas, kalau pun ada di antara mereka yang terganggu kesehatannya, akan cepat penanganannya," katanya.

Selama menjalani sisa masa karantina mandiri selama tujuh hari ke depan di kompleks Jantho Sport City (JSC), Pemerintah Kabupaten Aceh Besar juga menanggung kebutuhan konsumsi delapan pemuda tersebut,

Kedelapan pemuda ini kembali ke kampung halamannya karena tempat kerja mereka di Jakarta telah tutup sementara akibat pandemi virus corona.

"Delapan pemuda tersebut menempati ruangan yang disediakan. Ada tempat tidur, fasilitas MCK dan air PDAM, makan dan minum para pemuda tersebut menjadi tanggung jawab Pemkab Aceh Besar," katatnya.

Baca juga: Isolasi Diri di Hutan Sepulang dari Jakarta, 8 Pemuda Aceh Tidur di Tenda dan Jaring Ikan di Sungai

Diapresiasi Bupati

Sementara itu, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menyampaikan apresiasi kepada delapan pemuda itu.

Ia menilai mereka memiliki memiliki kesadaran yang tinggi untuk memutuskan rantai penyebaran wabah virus corona dengan mengisolasikan diri secara mandiri ke lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk saat pulang ke kampung halaman dari perantauan di Jakarta. 

"Apresiasi yang tinggi terhadap delapan pemuda itu atas kerjasama dan pengertian atas keinginan sendiri mengisolasikan diri mereka ke lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk, " ucapnya.

Salah satu pemuda yang bernama Muhammad Afdhal juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Besar yang telah peduli dan menjemput mereka, lalu dibawa ke tempat yang lebih nyaman untuk menjalani sisa masa karantina mandiri selama satu pekan ke depan.

"Alhamdulillah, kami semua dalam kondisi sehat, sebelumnya lokasi isolasi kami di Jalin itu merupakan keinginan dan pilihan sendiri. Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah yang sudah menyiapkan lokasi lengkap dengan fasilitas dan kebutuhan kami sehari-hari," ucapnya.

Baca juga: Bupati Aceh Besar Surati Kemenhub Minta Bandara Sultan Iskandar Muda Ditutup Sementara 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com