Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE Pasien Covid-19 di Sulawesi Selatan: 80 Positif, 5 Sembuh

Kompas.com - 03/04/2020, 23:48 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sulawesi Selatan merilis data pasien yang terinfeksi virus Covid-19 di Sulsel, Jumat (3/4/2020). 

Hingga hari ini, total ada 80 pasien positif Covid-19 di Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari mengatakan, ada penambahan 14 pasien Covid-19, di mana 13 di antaranya dari Kota Makassar dan satu dari Kabupaten Pinrang. 

Baca juga: Suami Istri di Kendari Positif Covid-19, Sebelumnya Kontak dengan Pasien Positif Corona

Ichsan menjelaskan bahwa data di penambahan pasien Covid-19 di Sulsel berbeda dengan yang disampaikan pusat. Di mana data gugus pusat mencatat ada 16 penambahan di Sulsel. 

Ichsan menyebut data di pusat memasukkan dua pasien dari Kabupaten Majene, Sulawesi Barat dan Kolaka, Sulawesi Tenggara. 

"Kami memverifikasi data itu dari jumlah yang dimasukkan ada 16, tapi ternyata ada 2 dari provinsi lain yaitu satu di Kolaka dan satu di Majene. Kita tidak menyalahkan gugus pusat salah, ini cuma persoalan klarifikasi saja. Kita paham," kata Ichsan saat menggelar konferensi pers melalui Zoom, Jumat malam. 

Ichsan mengatakan bahwa 14 pasien yang dinyatakan positif Covid-19 hari ini dari pemeriksaan 114 spesimen yang diuji di laboratorium BBLK dan laboratorium RSPTN Unhas. 

Ke-13 pasien positif dari Makassar berasal dari penularan lokal (local transmission) sementara 1 pasien dari Pinrang berasal dari klaster umrah. 

"Perlu kita sampaikan analisis data keempat belas pasien ini, khusus di kota Makassar berasal dari local transmission. Tidak ada lagi penambahan kasus dari luar. Ini menandakan bahwa perpindahan virus ini sudah antarwarga Makassar," ujar Ichsan. 

Ichsan menyebut saat ini timnya sedang melakukan pelacakan terkait orang-orang dekat pasien dari Pinrang. 

Selain itu, pihaknya juga menelusuri hubungan antara pasien positif di Pinrang sebelumnya yang juga berasal dari klaster umrah. 

"Teman-teman sedang melakukan pelacakan apakah tertular dari pasien umrah sebelumnya atau pernah satu pesawat dengan pasien umrah yang sebelumnya positif," ujar Ichsan. 

Baca juga: Kabar Baik, 3 Pasien Positif Corona di Balikpapan Dinyatakan Sembuh

Dari 80 pasien yang terinfeksi virus corona, Ichsan mengatakan, saat ini di Sulawesi Selatan sudah ada 5 pasien yang dinyatakan sembuh. 

Kelima pasien tersebut tersebar di beberapa daerah di Sulawesi Selatan. Dua di antaranya sudah dirawat di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. 

"Strategi kita saat ini lebih tentu pada penguatan bagaimana agar local transmission ini bia kita batasi. Pemutusan rantai ini dengan bagaimana kita terapkan lagi physical distancing," ujar Ichsan.

Selain pasien positif dan pasien sembuh, orang dalam pemantauan (ODP) di Sulawesi Selatan berjumlah 1.704 dan pasien dalam pengawasan berjumlah 172 orang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com