Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Macan Tutul Terjebak di Peternakan Ayam Selabintana Sukabumi

Kompas.com - 03/04/2020, 14:53 WIB
Budiyanto ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com -  Seekor macan tutul (Panthera pardus melas) terjebak di kawasan peternakan ayam di Kampung Sudayajaya Girang, Desa Sukajaya, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (3/4/2020) pagi.

Saat ini satwa dilindungi yang diperkirakan masih berusia muda telah diamankan dii perusahaan peternakan pembibitan ayam Sukajaya Farm 1 - CV Selabintana sejak pukul 08:00 Wib.

"Tadi pagi pas karyawan masuk kerja melihat lagi ada macan sedang menggigit sepatu boot di lahan kosong," kata Kepala Produksi Sukajaya Farm 1 Rusman kepada Kompas.com di lokasi, Jumat siang.

Baca juga: Macan Tutul Besar Turun Gunung Terkam Ternak Kambing Warga

Rusman menuturkan sehari sebelumnya macan tutul ini sempat terlihat juga oleh sejumlah karyawan, Kamis (2/4/2020) siang. Saat itu macan terlihat sekitar lahan kosong lalu kembali loncat keluar areal peternakan.

"Kemarin juga macannya terlihat karyawan tapi lari keluar lalu masuk ke kebun di luar peternakan," ujar alumni Fakultas Peternakan IPB tahun 2005.

Menurut Rusman hari ini akhirnya macan tutulnya ditangkap menggunakan jaring oleh para karyawan. Upaya penangkapan memakan waktu sekitar satu jam.

"Alhamdulillah tidak lama dan mudah penangkapannya, karena macannya terlihat lemas," tutur Rusman yang juga anggota Kelompok Pemerhati Lingkungan (KPL) Angsana. 

Baca juga: Macan Tutul Mati di Pati Diduga Akibat Pertarungan Berebut Teritori

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com