Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Peserta Ijtima Ulama Dunia di Gowa Telah Kembali ke Daerah Asal

Kompas.com - 03/04/2020, 11:21 WIB
Hendra Cipto,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Seluruh peserta Ijtima Ulama Dunia Wilayah Asia di Desa Pakkato, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang dibatalkan beberapa waktu lalu, seluruhnya telah dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Tidak ada lagi peserta yang berdiam di Kota Makassar atau Kabupaten Gowa.

“Ijtima sampai terakhir di hari Rabu (25 Maret) itu sudah kita kawal dan kita ikuti semua pergerakan dari Pakkato, Kabupaten Gowa dan kemudian menuju ke Asrama Haji Sudiang. Sebagian juga yang dari warga beberapa negara itu dikarantina di Hotel Grand Sayang kita kawal keberangkatannya, yang ke bandara dan yang gunakan kapal laut,” kata Kepala Satpol PP Sulawesi Selatan, Mujiono, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: Puluhan Santri di Kaltim Berstatus ODP, Pernah Hadir di Ijtima Ulama Gowa

Menurut Mujiono, seluruh peserta telah dipulangkan termasuk yang tidak memiliki tiket. Bahkan Pemerintah Provinsi Sulsel menanggung tiket mereka.

“Untuk pemulangan saya kira sudah tidak ada masalah. Karena sudah selesai dan tidak ada lagi yang tersisa. Satpol PP berkolaborasi dengan Polri dan Dinas Perhubungan untuk proses pemulangan mereka,” tuturnya.  

Diketahui, acara Ijtima Dunia 2020 Zona Asia rencananya dilaksanakan  mulai 19 Maret 2020 hingga 22 Maret 2020 di Pakkato, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Warga Balikpapan yang Ikuti Ijtima Ulama Dunia Gowa Positif Covid-19, Peserta Lain Ditelusuri

Namun, acara yang dihadiri lebih dari 8.000 orang dari dalam dan luar negeri batal dilaksanakan untuk mengurangi penyebaran virus corona covid-19 di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com