Pemkot Kediri Observasi Pemudik Selama 14 Hari di Tempat Khusus

Kompas.com - 02/04/2020, 18:54 WIB
Ilustrasi virus corona dan gejala terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona dan gejala terinfeksi virus corona

KEDIRI, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Kediri akan mengarantina warganya yang mudik dari daerah zona merah penyeberan virus corona baru atau Covid-19 selama 14 hari.

Pemkot Kediri telah menyiapkan ruang observasi di Gedung Kampus I Politeknik Kediri. Terdapat delapan ruangan dengan kapasitas 50 tempat tidur.

Ruangan observasi itu juga dilengkapi 15 kamar mandi, toilet, dan tempat cuci tangan, yang bisa digunakan.

Baca juga: Pesan Pasien Sembuh Covid-19: Muka Sekuat Tembok Berlin dan Telinga Harus Tuli

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjelaskan, warga Kediri yang kembali dari daerah zona merah virus corona baru atau Covid-19 akan diobservasi di tempat itu.

Selama 14 hari, para pemudik akan dipantau oleh tim medis.

"Kalau sehat boleh kembali ke masyarakat, kalau ada gejalan langsung dikirim ke rumah sakit," kata Abu Bakar dalam keterangan tertulis, Kamis (2/4/2020).

Abu Bakar mengaku bakal tegas mengawasi masyarakat Kediri yang baru saja kembali dari perantauan, khususnya wilayah zona merah Covid-19.

Nantinya, Pemkot Kediri juga mencegah penularan virus corona baru di transportasi umum.

Pengelola bus, kata dia, tak boleh menurunkan penumpang sembarangan. Penumpang hanya boleh diturunkan di terminal.

“Saya minta kepada seluruh masyarakat taati aturan, instruksi yang telah diberikan pemerintah untuk keselamatan seluruh masyarakat Kota Kediri,” jelas dia.

Baca juga: Pemudik asal Sumedang dari Zona Merah Capai 16.000 Orang, Hasil Rapid Test 3 Positif

Hingga saat ini, terdapat dua pasien positif Covid-19 di Kota Kediri. Selain itu, tercatat 94 orang dalam pemantauan di wilayah tersebut.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X