Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pasien Positif Corona Mengamuk Saat Dievakuasi Petugas Medis di Sulsel

Kompas.com - 02/04/2020, 17:00 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Seorang pasien positif corona berinisial NA, warga Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, mengamuk saat akan dievakuasi petugas medis ke rumah sakit, Rabu (1/4/2020).

Dari pengamatan Kompas.com, sejumlah petugas medis terus berupaya untuk membujuk NA. Selain itu, petugas juga meminta keluarganya untuk terapkan isolasi terkait pencegahan penyebaran corona.

Menurut Plt. Kadis Kesehatan Takalar Dr. Rahmawati, pasien NA tersebut sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara.

Baca juga: "Setelah Sembuh, Saya Baru Dikasih Tahu Kalau Sakit Corona"

Lalu, dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Setelah beberapa hari kemudian, hasil swab menunjukan NA positif corona.

"Berita itu memang benar bahwa salah satu warga Takalar yang berinisial NA yang berdomisili di Kelurahan Salaka, Kecamatan Pattallassang positif Covid 19 atau corona. Setelah sebelumnya dirujuk ke RS Bhayangkara pada tanggal 25 Maret 2020 lalu dengan status PDP atau Pasien Dalam Pengawasan," jelasnya, melalui pesan singkat.

Baca juga: Hendak Dibawa ke RS dan Diisolasi, Pasien Positif Covid-19 Mengamuk

Jalani isolasi mandiri di rumah

Setelah berusaha sekuat tenaga, petugas medis menerapkan isolasi mandiri terhadap NA.Tak hanya itu, petugas juga melacak orang yang pernah kontak dengan NA dan keluarganya.

Rumah NA dan tetangganya juga disemprot disinfekstan untuk mengantisipasi penyebaran corona.

"Pasien tetap ngotot jadi terpaksa menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Selain seluruh pihak yang pernah kontak langsung dengan pasien juga akan mengikuti isolasi secara mandiri" kata Rahmawati, Kamis (2/4/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com