Cerita Pasien Positif Corona Mengamuk Saat Dievakuasi Petugas Medis di Sulsel

Kompas.com - 02/04/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi infeksi virus corona. Gunakan masker saat muncul gejala Covid-19. ShutterstockIlustrasi infeksi virus corona. Gunakan masker saat muncul gejala Covid-19.

KOMPAS.com - Seorang pasien positif corona berinisial NA, warga Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, mengamuk saat akan dievakuasi petugas medis ke rumah sakit, Rabu (1/4/2020).

Dari pengamatan Kompas.com, sejumlah petugas medis terus berupaya untuk membujuk NA. Selain itu, petugas juga meminta keluarganya untuk terapkan isolasi terkait pencegahan penyebaran corona.

Menurut Plt. Kadis Kesehatan Takalar Dr. Rahmawati, pasien NA tersebut sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara.

Baca juga: "Setelah Sembuh, Saya Baru Dikasih Tahu Kalau Sakit Corona"

Lalu, dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Setelah beberapa hari kemudian, hasil swab menunjukan NA positif corona.

"Berita itu memang benar bahwa salah satu warga Takalar yang berinisial NA yang berdomisili di Kelurahan Salaka, Kecamatan Pattallassang positif Covid 19 atau corona. Setelah sebelumnya dirujuk ke RS Bhayangkara pada tanggal 25 Maret 2020 lalu dengan status PDP atau Pasien Dalam Pengawasan," jelasnya, melalui pesan singkat.

Baca juga: Hendak Dibawa ke RS dan Diisolasi, Pasien Positif Covid-19 Mengamuk

Jalani isolasi mandiri di rumah

Setelah berusaha sekuat tenaga, petugas medis menerapkan isolasi mandiri terhadap NA.Tak hanya itu, petugas juga melacak orang yang pernah kontak dengan NA dan keluarganya.

Rumah NA dan tetangganya juga disemprot disinfekstan untuk mengantisipasi penyebaran corona.

"Pasien tetap ngotot jadi terpaksa menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Selain seluruh pihak yang pernah kontak langsung dengan pasien juga akan mengikuti isolasi secara mandiri" kata Rahmawati, Kamis (2/4/2020).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X