Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE: Wali Kota Sukabumi Umumkan 1 Pasien Pertama Positif Covid-19

Kompas.com - 02/04/2020, 09:21 WIB
Budiyanto ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengumumkan seorang warganya terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan swab.

''Data yang kami terima ada satu pasien dari hasil swab dinyatakan positif,'' kata Fahmi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (1/4/2020) malam.

Namun, Fahmi tidak menjelaskan riwayat perjalanan pasien sebelum dirawat.

Dia hanya mengatakan pasien datang dalam kondisi demam kemudian dilakukan tracing dan hasil tes swab positif.

Baca juga: Setelah Rapid Test, 300 Polisi di Sukabumi Akan Menjalani Tes Swab

Fahmi menjelaskan pasien yang positif corona memiliki KTP Kota Sukabumi meskipun yang bersangkutan sudah tiga tahun tidak tinggal di kampung halamannya.

''Karena data kependudukan masih berada di wilayah Kota Sukabumi, maka tetap tercatatkan di wilayah Kota Sukabumi,'' ujar mantan wakil wali kota Sukabumi periode sebelumnya.

 

Dia menuturkan, pasien positif Covid-19 ini masih berkaitan dengan kasus sejumlah orang yang terapar virus Corona di salah satu institusi  kenegaraan yang berlokasi di Kota Sukabumi.

"Ia berhubungan dengan salah satu institusi kenegaraan yang ada di wilayah Kota Sukabumi," tutur Fahmi.

Untuk kondisinya, dia melanjutkan saat ini pasien berjenis kelamin laki-laki itu dalam keadaan sehat, tidak memakai alat bantu pernafasan dan dirawat di ruang isolasi RSUD R Syamsudin Kota Sukabumi.

''Saat ini mendapatkan penanganan yang sangat serius dari Kota Sukabumi,'' ujar mantan anggota DPRD Kota Sukabumi dua periode itu.

Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Sukabumi menyebutkan data warga terkait Virus Corona hingga Rabu (1/4/2020) pukul 12.00 WIB tercatat orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 146 orang, meliputi 72 orang selesai penanganan dan 74 orang masih proses pemantauan para petugas kesehatan.

Baca juga: Hasil Rapid Test, 300 Siswa Sekolah Polisi di Sukabumi Terpapar Corona

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 18 orang, meliputi 14 orang selesai penanganan (sembuh) dan 4 orang masih proses observasi atau pengawasan di rumah sakit. Serta terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1 orang dalam perawatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com