Pasca-penembakan 3 Karyawan Freeport, Pasukan Patroli Bersenjata Ditambah, Keamanan Ditingkatkan

Kompas.com - 01/04/2020, 23:56 WIB
Aparat keamanan melakukan penjagaan di gerbang masuk area Kuala Kencana, Senin (30/3/2020) IRSUL PANCA ADITRAAparat keamanan melakukan penjagaan di gerbang masuk area Kuala Kencana, Senin (30/3/2020)

TIMIKA, KOMPAS.com - Status keamanan di Kota Kuala Kencana, Mimika, Papua, yang merupakan wilayah operasional PT Freeport Indonesia, ditingkatkan pasca-penembakan yang menewaskan karyawan Freeport yang merupakan warga negara asing.

Vice President Corporate Communications PT Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan, perusahaan sedang bekerja erat bersama TNI-Polri untuk meningkatkan langkah-langkah pengamanan di seluruh wilayah Kuala Kencana.

Pasca-insiden tersebut, patroli pasukan bersenjata telah ditambah di seluruh Kuala Kencana.

Fokusnya pada area-area permukiman di malam hari, dan ditingkatkan pada area-area komunitas, serta area kerja pada siang hari.

“Kami menyikapi kejadian yang telah mengancam nyawa karyawan kami dengan sangat serius. Prioritas utama kami adalah memastikan keselamatan para karyawan dan keluarga mereka," ujar Riza dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Jenazah Karyawan PT Freeport Korban Penembakan KKB Diterbangkan ke Selandia Baru

Perusahaan juga telah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah untuk karyawan yang bekerja di Kuala Kencana sampai waktu yang dinyatakan aman oleh pihak keamanan.

Menurut Riza, jenazah Graeme Thomas Wall, karyawan PTFI yang meninggal akibat insiden penembakan tersebut, telah diberangkatkan dengan pesawat Airfast dari Timika ke Jakarta untuk keperluan otopsi.

Pemberangkatan dengan Airfast dilakukan sesuai dengan izin yang diterima dari Pemerintah Daerah Mimika.

Keluarga besar PT Freeport Indonesia sangat berduka atas kehilangan ini.

"Kami bekerjasama dengan keluarga almarhum untuk rencana repatriasi jenazah ke negara asal, New Zealand," ujar Riza.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X