1 PDP yang Meninggal di Nagekeo, NTT, Negatif Corona

Kompas.com - 01/04/2020, 23:43 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KUPANG, KOMPAS.com - Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Danga, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), meninggal dunia di RSD Aeramo, Senin (30/3/2020).

Kabag Humas Setda Kabupaten Nagekeo, Silvester Teda Sada mengatakan, pasien yang meninggal itu negatif corona.

"Yang bersangkutan memang pasien PDP, tapi bukan positif corona," ungkap Silvester kepada Kompas.com, Rabu (1/4/2020) malam.

Baca juga: Belum Ada Kasus Positif Covid-19, Sebanyak 668 ODP Tercatat di NTT

"Pasien dengan status PDP tersebut hendak dirujuk ke RS TC Hillers Maumere sebagai rumah sakit rujukan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tapi akhirnya meninggal di RSD Aeramo," kata Silvester menambahkan.

Silvester menjelaskan, dokter spesialis penyakit dalam RSD Aeramo pada 29 Maret, menetapkan pasien tersebut sebagai PDP.

Pertimbangannya, pasien mempunyai gejala demam, sesak napas, dan pneumonia.

Apalagi, pasien itu mempunyai riwayat kontak dengan orang (anaknya) yang memiliki riwayat perjalanan dari tempat terjangkit, yakni daerah yang merupakan zona merah Covid-19.

Menurut Silvester, penetapan status entah ODP ataupun PDP, dengan gejala demam, batuk, pilek, dan sesak napas, sangat dibutuhkan dalam masa darurat Covid-19 saat ini.

Tujuannya agar seluruh jajaran dapat melakukan pemantauan, pengawasan, dan penanganan yang lebih intensif terhadap semua orang yang mempunyai riwayat kontak dengan tempat terjangkit.

Baca juga: Kasus DBD Menurun, 1.474 Pasien Dinyatakan Sembuh di Sikka, NTT

Diagnosa terakhir, Senin (30/3/2020) pukul 07.20 WITA, pasien meninggal disebabkan oleh penyakit gagal ginjal kronis, disertai penyakit lain yang memperberat kondisi pasien yakni kecurigaan adanya stroke non hemorargik.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X