Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pasien Positif Covid-19 di Kaltara Sempat ke Jakarta dan Bogor

Kompas.com - 01/04/2020, 23:31 WIB
Zakarias Demon Daton,
Khairina

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kalimantan Utara (Kaltara) Agust Suwandy melaporkan, hingga Rabu (1/4/2020), sudah dua warga Kaltara positif Covid-19.

Dua warga tersebut kini sedang dirawat di RSUD Kota Tarakan dan RSUD Soemarno Sosroatmodjo di Kabupaten Bulungan.

“Pasien yang di Tarakan melakukan perjalanan ke Jakarta sementara yang di Bulungan melakukan perjalanan dari Bogor atau klaster Bogor,” ungkap Agust saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Empat Pasien Positif Covid-19 di Sulsel Dinyatakan Sembuh

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP), lanjut Agust, ada sembilan orang.

Tiga pasien sedang menjalani perawatan di RSUD Tarakan, dua pasien dirawat di RSUD Nunukan dan empat pasien dirawat di RSUD Bulungan.

“Pasien yang di Tarakan dan Nunukan itu jadi peserta Ijtima Ulama di Gowa, sementara di Bulungan hasil tracing dari pasien positif klaster Bogor,” terangnya.

Sementara, untuk orang dalam pemantauan (ODP) saat ini berjumlah 314 orang. Jumlah itu tersebar di Tarakan 92 orang, di Kabupaten Malinau 95 orang, Kabupaten Nunukan 62 orang, Kabupaten Tanah Tidung 38 orang dan Kabupaten Bulungan 27 orang.

Saat ini di Kaltara hanya ada tiga rumah sakit rujukan untuk penanganan Covid-19. Itu pun, satu rumah sakit ditunjuk oleh Gubernur Kaltara yakni RSUD Nunukan.

Karena itu, untuk mengantisipasi lonjakan beberapa rumah sakit di kabupaten dan kota diminta siap siaga, yakni RSUD di Kabupaten Malinau dan di Kabupaten Tana Tidung.

Selain itu, dua rumah sakit swasta di Kota Tarakan yakni Rumah Sakit TNI AL dan Rumah Sakit Pertamedika pun, kata Agust, diminta Gubernur untuk siap siaga mem-back up jika terjadi lonjakan.

Kemudian, untuk persediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis tim gugus tugas baru menerima bantuan 2.000 set pada Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Sekretaris Daerah Kota Palangkaraya Positif Corona, Wali Kota ODP

APD sudah didistribusikan 600 set ke RSUD Tarakan, 400 set ke RSUD Soemarmo Sosroatmodjo Bulungan, 300 set ke RSUD Nunukan, 150 set ke RSUD Malinau, dan 100 set ke RSUD Tana Tidung.

Sedang 450 set disimpan di gudang logistik BPBD Provinsi Kaltara di Tanjung Selor sebagai cadangan untuk mengantisipasi tambahan kebutuhan tambahan.

Di samping itu, Dinas Kesehatan Kaltara sudah menggelontorkan Rp 4,5 miliar untuk pengadaan APD, cairan disinfektan, hand sanitizer, masker dan lainnya.

Selain itu, juga ada tambahan Rp 2 miliar untuk pengadaan alat-alat kebutuhan ruang isolasi bagi rumah sakit rujukan Covid-19 di Kaltara seperti ventilator, oksigen dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com