Relawan 69 Distribusikan APD dari Hasil Penjualan Buku Online

Kompas.com - 01/04/2020, 23:21 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Relawan 69 mendistribusikan ribuan masker dan hand sanitizer lewat penggalangan dari penjualan buku online dan donasi penulis buku Catatan di Balik Toga Merah.

Relawan 69 dari lintas profesi ini menggalang dana untuk membantu menghentikan virus corona atau Covid-19 di seluruh Indonesia.

Septi perwakilan Relawan 69 mengatakan, sejauh ini telah didistribusikan lebih dari 2.000 hand sanitizer dan masker ke berbagai pengadilan dan komunitas warga di berbagai daerah.

Baca juga: Hasil Rapid Test, 106 Orang Positif Corona di Tangerang dan Tangsel

“Kami terus menggalang dana untuk kemudian mendistribusikan bantuan kepada warga pengadilan dan juga komunitas yang menjadi jejaring di seluruh Indonesia," ujar Septi dalam keterangan tertulis, Rabu (1/4/2020).

Septi yang berprofesi sebagai hakim menjelaskan bahwa edisi perdana buku Catatan di Balik Toga Merah yang ditulis DY Witanto telah terjual 1.000 eksemplar dan tengah dicetak ulang.

Kini, hasil buku tersebut telah dikonversikan untuk membeli ribuan masker dan hand sanitizer.

Baca juga: Bupati Bogor: Ada ASN yang Gajinya Rp 2 Juta, Bagaimana Mau Dipotong?

Sementara itu, donasi buku online yang digalang melalui bookforhelp.site telah menghasilkan dana untuk 100 alat pelindung diri (APD) untuk tim medis.

"Adapun 1.000 eksemplar cetak lagi untuk tahap dua," ucap Septi.

Ia menyebut, distribusi mulai dari Aceh, Jawa hingga ke Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan jumlah yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Baca juga: Hasil Rapid Test, 300 Siswa Sekolah Polisi di Sukabumi Terpapar Corona

Tak hanya itu, menurut Septi, Relawan 69 yang terdiri dari berbagai kalangan profesi ini juga tengah memesan ratusan APD untuk didistribusikan di beberapa wilayah yang membutuhkan.

“APD juga sudah dipesan dan mudah-mudahan minggu ini selesai dan bisa segera kita distribusikan,” kata dia.

Adapun, Relawan 69 terdiri dri berbagai kalangan mulai dari hakim, jaksa, akademisi, jurnalis dan pekerja profesional yang telah bekerja bersama sejak gempa di Lombok, NTB, beberapa waktu lalu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X