Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Pasien Positif Covid-19 di Sulsel Dinyatakan Sembuh

Kompas.com - 01/04/2020, 22:32 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

 

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Ichsan Mustari menyebut bahwa ada 4 pasien positif virus corona Covid-19 di Sulawesi Selatan yang dinyatakan sembuh pada Rabu (1/4/2020). 

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel ini mengungkapkan, keempat pasien tersebut sembuh meski belum dilaporkan secara resmi ke Kementerian Kesehatan. 

"Satu orang tambahan tadi telah dinyatakan sembuh karena tadi sore sudah keluar hasil laboratorium kontrolnya," kata Ichsan melalui telekonferensi dengan wartawan, Rabu malam. 

Baca juga: Cerita 4 Pasien Sembuh dari Corona di Semarang, Kuncinya Gembira

Menurut Ichsan, proses penyembuhan pasien positif corona di Sulawesi Selatan memang terjadi secara perlahan-lahan karena harus melalui uji kontrol laboratorium setelah 14 hari dinyatakan positif. 

Uji kontrol tersebut kembali dilakukan untuk mengetahui sampel spesimen masih positif atau sudah negatif virus corona. 

"Jumlahnya pelan-pelan baru ada sekarang karena kita memulainya tanggal 19. Beda waktu Jakarta karena Jakarta lebih duluan jadi sudah banyak pasien sembuhnya," ujar Ichsan. 

Ichsan meyakini bahwa pekan depan akan lebih banyak lagi pasien virus corona di Sulawesi Selatan yang dinyatakan sembuh.

Baca juga: Sekretaris Daerah Kota Palangkaraya Positif Corona, Wali Kota ODP

Pasalnya, hingga kini dari laporan tim medis yang menangani langsung pasien positif, sekitar 75 persen pasien yang kondisi kesehatannya terus membaik. 

"Kita berdoa saja semoga mereka semua sehat. Terkait mengenai jumlah sembuh sebenarnya ini memperlihatkan Covid-19 ini bisa sembuh jadi jangan khawatir jangan ada stigma," ucap Ichsan. 

Sebelumnya diberitakan jumlah pasien positif terinfeksi virus Covid-19 di Sulawesi Selatan bertambah 16 orang pada Rabu (1/4/2020).

Dengan penambahan itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel mencatat total ada 66 pasien positif Covid-19. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com