Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Langkak Nagan Raya Aceh Tolak Kedatangan TKA Asal China

Kompas.com - 01/04/2020, 15:33 WIB
Daspriani Y Zamzami,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com -- Kedatangan tujuh Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China ditolak oleh warga Desa Langkak, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Propinsi Aceh. WNA asing merupakan pekerja di Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 3 dan 4.

Ketujuhnya tiba di Banda Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa (31/3/2020) sore. 

Alasan warga mengusir kedatangan WNA tersebut untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Juru bicara tim gugus penanganan covid-19 Nagan Raya, dr Dedi Apriadi mengaku mendapat laporan atas kedatangan warga asing tersebut.

“Begitu ada kabar, Tim Gerak Cepat (TGC) langsung mendatangi lokasi yakni Desa Langkak, dan memang ada orang asing baru tiba dan tidak boleh masuk ke sana menuju home stay mereka,” jelas Dedi melalui saluran telpon saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Ini Penjelasan Lengkap Polisi Soal Pemulangan TKA China di Ketapang

Tim Gugus langsung memeriksa mereka sesuai dengan SOP, memeriksa suhu tubuh dan kelengkapan surat mereka serta mewawancarai riwayat perjalanan mereka.

“Semua keterangan menunjukkan mereka normal, namun mereka mendapat penolakan dari warga apalagi di sana tidak ada lokasi isolasi khusus, sehingga warga khawatir,” jelas Dedi.

Akhirnya pada Selasa Dini hari, sebut Dedi, para TKA ini diminta untuk kembali ke tempat semua mereka berangkat.

Baca juga: Setelah Polda Sultra Keliru Sampaikan Informasi Kedatangan 49 TKA China...

Dari informasi yang diperoleh tim TGC, sebelumnya WNA itu memiliki rekaman perjalanan dari Bandara Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatera Utara dan mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar dan selanjutnya mereka berangkat dari Banda Aceh menuju ke Nagan Raya.

Disebutkannya, berdasarkan informasi yang ia peroleh, para WNA asal China itu juga tidak melaporkan kedatangannya ke petugas Kantor Imigrasi Kelas II B Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) sehingga pihak imigrasi juga mengaku kecolongan atas kedatangan para WNA itu.

“Kita juga tidak tahu apakah tenaga kerja ini tenaga kerja baru atau yang lama, kemudian cuti dan balik lagi, kita bertugas melakukan pemeriksaan saja,” ungkap Dedi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com