Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Tiba di Batam untuk Pastikan RS Corona Pulau Galang Siap Beroperasi

Kompas.com - 01/04/2020, 13:44 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya tiba di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sekitar pukul 12.35 WIB, Rabu (1/4/2020).

Kedatangan Jokowi ke Kepri dalam rangka kunjungan kerja yang diagendakan untuk meninjau kesiapan Rumah Sakit Darurat Penanganan covid-19 yang berada di Kelurahan Sei Jantung, Kecamatan Galang, Batam.

Seperti dilansir dari laman presidenri.go.id, hari ini Jokowi hanya memiliki satu agenda di Kepri, yakni hanya peninjauan RS Darurat Penanganan covid-19 di Pulau Galang.

Dalam kunjungan kerja ini, turut hadir juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Baca juga: Bertolak ke Pulau Galang, Jokowi Tinjau RS Darurat Covid-19

Selepas kunjungan tersebut, Kepala Negara dan rombongan diagendakan untuk kembali menuju Jakarta dan tiba pada sore hari di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Seperti diketahui bersama, RS Darurat Penanganan covid-19 yang dibangun dengan renovasi rumah sakit eks Kamp Vietnam di Kelurahan Sei Jantung Kecamatan Galang ini memiliki banyak keunggulan.

Salah satu keunggulan yang dimiliki RS Darurat Penanganan covid-19 ini, yakni memiliki fasilitas untuk observasi atau karantina dan fasilitas untuk isolasi atau pengobatan terhadap pasien yang terpapar virus.

Baca juga: Pulau Galang Memanggil Para Relawan di RS Darurat Covid-19

RS Darurat Penanganan covid-19 ini juga memiliki ruang radiologi, farmasi, gizi hingga ruang laundri dan ada juga insenirator yang berfungsi untuk mengolah sampah yang dihasilkan dari aktivitas rumah sakit ini.

RS Darurat Penanganan covid-19 ini memiliki kapasitas 1.000 tempat tidur dan 50 ruang isolasi. Untuk ruang isolasi bertekanan negatif dan dilengkapi oleh filter hepa serta oksigen yang terpasang secara sentral dengan kamar mandi per kamarnya.

Dan apabila RS Darurat Penanganan covid-19 ini menampung 1.000 pasien, tidak perlu khawatir, karena sudah punya fasilitas untuk memberikan pengobatan standar karena kamarnya sudah bertekanan negatif dan filternya sudah standar heap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com