Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Polisi Tasikmalaya Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Mobil Patroli Pinggir Jalan

Kompas.com - 01/04/2020, 09:07 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Warga Tasikmalaya, Jawa Barat, dihebohkan dengan aksi heroik seorang anggota Polisi Sektor (Polsek) Ciawi, Polres Tasikmalaya Kota, Ajudan Inspektur Satu (Aiptu) Endang Rahman, yang membantu perempuan hamil melahirkan di pinggir jalan, Selasa (31/3/2020) kemarin.

Ika (31), ibu muda yang hamil asal Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, tersebut akhirnya melahirkan dengan selamat di mobil patroli polisi yang diparkir di pinggir jalan saat dia hendak menuju ke puskesmas terdekat.

"Saya awalnya saat akan hendak ke kantor melihat ada kerumunan orang dan seorang perempuan menjerit-jerit seperti kesakitan. Ternyata ada perempuan yang hendak melahirkan dan semua warga di sana terlihat panik," jelas Endang saat dihubungi via telepon, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Kata Gubernur Banten Soal Ibu Hamil di Lebak Melahirkan di Jalan Rusak: Tanya Bupati, Kalau Jalan Provinsi Bagus Semua

Endang pun saat itu langsung menelepon anggotanya untuk segera mendatangkan mobil patroli ke lokasi dengan maksud membawa perempuan itu ke tempat persalinan.

Namun, saat akan menuju ke puskesmas terdekat di wilayah Ciawi, ibu hamil itu sudah tak kuat dan hendak melahirkan bayinya.

Mobil patroli pun langsung diparkir di pinggir jalan. Meski tak memiliki riwayat pendidikan medis, Endang langsung membantu wanita hamil itu untuk melahirkan.

"Alhamdulillah bisa melahirkan normal di dalam mobil patroli. Karena saat itu ibu itu sudah nggak kuat mau melahirkan, kepala bayinya udah keluar. Itu dalam perjalanan mau ke persalinan. Bayinya alhamdulilah selamat dan sehat," tambah Endang.

Sebenarnya saat itu, di lokasi kejadian banyak warga yang berkerumun tapi semuanya terlihat panik karena wanita itu terus menjerit-jerit kesakitan.

Ia pun secara spontan melakukan pertolongan karena darurat dan ibu itu tak bisa menahan saat akan dibawa ke puskesmas.

"Sebenarnya pada saat itu banyak warga di lokasi. Namun, mereka panik dan tidak berani mengambil tindakan. Sehingga saya memutuskan untuk menolongnya," tuturnya.

Seusai ibu dan bayinya selamat melahirkan di mobil patroli di pinggir jalan, warga yang berkerumun pun tampak senang dan lega.

Baca juga: Ibu Hamil Melahirkan di Jalan Rusak, Ini Komentar Bupati Lebak

Tak berselang lama, tenaga medis pun akhirnya datang ke lokasi dan langsung merawat perempuan itu bersama bayinya ke puskesmas.

"Udah, sehat, keduanya sehat, Alhamdulillah. Mereka akhirnya selamat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com