Wabup Limapuluh Kota di Sumbar Imbau Desa Lakukan Lockdown Mandiri

Kompas.com - 28/03/2020, 15:35 WIB
Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 Dok: Humas Pemkab Limapuluh KotaWakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19

PADANG, KOMPAS.com - Sebagai antisipasi penyebaran virus corona, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat ( Sumbar) H Ferizal Ridwan mengajak masing-masing nagari atau desa melakukan lockdown secara mandiri.

"Mengingat di Sumbar sudah ada kasus positif Covid-19 dan letak Limapuluh Kota diperbatasan maka kita perlu langkah antisipasi. Salah satunya adalah lockdown desa," kata Ferizal Ridwan yang dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/3/2020).

Ferizal menyebutkan Limapuluh Kota berada di perbatasan Sumbar dengan Riau sehingga penduduknya rentan tertular.

"Di Sumbar dan Riau sudah ada kasus positif. Makanya kita perlu antisipasi sedini mungkin," kata Ferizal.

Baca juga: Wali Kota Tasikmalaya Putuskan Terapkan Lockdown Lokal Mulai 30 Maret

Menurut Ferizal, sebagian desa sangat mudah sekali melakukan lockdown mandiri karena pintu masuk hanya satu atau dua jalan saja.

Seperti desa Solok Bio Bio, dan Harau, di Kecamatan Harau.

Kemudian Simpang Kapuak dan Talang Maur, di Kecamatan Mungka. Galuguah, Koto Lamo di Kecamatan Kapur IX, Durian Gadang di Kecamatan Akabiluru, Ampalu Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Selanjutnya desa Maek di Kecamatan Bukik Barisan, Talang Anau di Kecamatan Gunuang Omeh, Ladang Loweh, di Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

“Desa tersebut memungkinkan untuk mandiri menutup pintu masuk dan sangat mudah karena  hanya mempunyai jalan masuk satu paling banyak dua ke atau dari desa itu,” jelas Ferizal.

Baca juga: Jelang Tegal Local Lockdown pada 30 Maret 2020, Rencana 4 Bulan Isolasi Wilayah

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X