Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Rumah Warga di Solo Bakal Disemprot Disinfektan Gratis

Kompas.com - 28/03/2020, 12:16 WIB
Labib Zamani,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta memberikan bantuan alat penyemprotan disinfektan kepada tiap kecamatan di Pendapi Gede Kompleks Balai Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/3/2020).

Pemberian alat penyemprotan berkapasitas 16 liter itu dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dengan dihadiri para camat yang ada di masing-masing wilayah.

Pemberian alat penyemprotan tersebut dalam rangka mengantisipasi terhadap penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 di Solo.

"Ada 270 unit alat penyemprotan yang kita berikan. Masing-masing kecamatan mendapatkan sebanyak 54 unit," kata Rudy, Sabtu.

Baca juga: Yakin Tak Terpapar Corona, Keluarga Buka Plastik dan Mandikan Jenazah, Rumah Disemprot Disinfektan

Rudy meminta agar alat penyemprotan disinfektan tersebut dapat segera didistribusikan ke tiap kelurahan agar bisa dipakai untuk menyemprot rumah-rumah warga.

"Ini (penyemprotan) gratis bagi warga untuk antisipasi penyebaran virus corona. Pokoknya camat atau lurah ini harus menyediakan obat yang dipakai untuk penyemprotan secara mandiri. Ini bentuk gotong royong," terang dia.

Rudy menyampaikan Pemkot Surakarta telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas umum dan pemerintah seperti tempat ibadah, sekolah, kantor pemerintah, halte, hingga terminal.

Baca juga: Mudik ke Solo, Perantau Harus Karantina Diri 14 Hari di Rumah

Karena tidak bisa dijangkau, Pemerintah Kota Solo meminta kepada kecamatan dan kelurahan untuk menyemprot setiap rumah warga. Petugas penyemprotan melibatkan petugas linmas.

"Kita berdayakan petugas linmas untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke tiap rumah-rumah warga," kata Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com