Viral Video Erupsi Merapi Jumat Siang, Hujan Abu Guyur Magelang

Kompas.com - 27/03/2020, 16:26 WIB
Gunung Merapi di Jawa Tengah mengalami erupsi dan memuntahkan asap dengan tinggi kolom mencapai 5.000 meter dari puncak pada Jumat (27/3/2020). ANTARA/HO/BPPTKG/pri. antaranewsGunung Merapi di Jawa Tengah mengalami erupsi dan memuntahkan asap dengan tinggi kolom mencapai 5.000 meter dari puncak pada Jumat (27/3/2020). ANTARA/HO/BPPTKG/pri.

KOMPAS.com - Sejumlah rekaman video saat erupsi Gunung Merapi pada Jumat (27/3/2020) sekitar pukul 10.56 WIB beredar luas di media sosial.

Salah satunya adalah video di akun Twitter milik Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi ( BPPTKG) Yogyakarta, @BPPTKG.

Dilansir dari Tribunnews, BPPTKG menjelaskan, letusan tersebut terekam dalam kamera CCTV Gunung Merapi dan tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm berdurasi selama 7 menit.

Baca juga: Ini Kawasan yang Diguyur Hujan Abu Letusan Gunung Merapi

Selain itu, sejumlah warga juga turut mengunggah detik-detik saat erupsi Gunung Merapi. Salah satunya dari akun @merapi_news.

Dalam video di akun tersebut tampak kolom erupsi setinggi lebih kurang 5.000 meter keluar dari puncak Merapi.

Video berdurasi 8 detik itu sudah tercatat 78.000 penayangan saat berita ini ditayangkan. 

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X