Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibunda Presiden Wafat, Wali Kota Solo Teringat Pesan Ini: Jangan Bertengkar dengan Jokowi...

Kompas.com - 26/03/2020, 18:30 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku turut merasa kehilangan sosok almarhumah Sujiatmi Notomihardjo (77), ibunda Presiden Joko Widodo.

Salah satu kenangan yang tak dilupakan Rudy, sapaan akrab Wali Kota Solo tersebut, adalah saat dirinya mendampingi Jokowi ketika menjadi Wali Kota Solo.

"Beliau selalu menyampaikan begini, 'Sing ati-ati, jujur', dan yang paling saya ingat, adalah satu tidak boleh bertengkar dengan Pak Jokowi, yang kedua tidak boleh rebutan jabatan dan ketiga tidak boleh pekerjaan, apalagi duit," kata Rudy saat diwawancara KompasTV, Kamis (26/3/2020).

Seperti diketahui, sebelum menjadi Presiden Indonsia, Jokowi sempat menjabat Wali Kota Solo dan Rudy saat itu menjadi wakilnya. 

Duet Jokowi dan Rudy melayani warga Kota Solo berlangsung kurang lebih selama 10 tahun. 

Baca juga: Khofifah Ungkap Wasiat Ibunda Jokowi: Minta Sisa Rezeki Diwakafkan di Masjid

Sementara itu, Rudy mengaku, wejangan tersebut ditujukan kepadanya dan Presiden Jokowi. Dirinya juga selalu mengingatnya hinga saat ini selama bekerja melayani masyarakat.

Tak hanya itu, Rudy juga menganggap sosok ibunda Jokowi tersebut dekat dengan warga Kota Solo.

"Sosok ibu yang rendah hati, sederhana, ngajeni dan ngayomi. Beliau juga tidak pilih-pilih saat memberikan nasihat," kata Rudy.

Baca juga: Kronologi 20.000 Masker Raib Dicuri dari RSUD Pagelaran Cianjur

Seperti diberitakan sebelumnya, ibu Sujiatmi wafat pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB, saat menjalani perawatan medis di RST Slamet Riyadi.

Presiden Jokowi menjelaskan, ibundanya tersebut telah berjuang melawan kanker yang dideritanya selama empat tahun. 

"Tadi sore pada pukul 16.45 WIB berpulang kehadirat Allah SWT ibunda kami, Bu Sujiatmi Notomiharjo, yang kita tahu bahwa ibu sudah empat tahun menderita sakit, yaitu kanker," kata Jokowi, di Solo, Jawa Tengah, Rabu malam.

Jenazah almarhumah dimakamkan di Pemakaman Keluarga Mundu, yang berada di Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada Kamis (26/3/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com