Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Pengeras Suara, Risma Keliling Kampung Imbau Warga Jaga Jarak

Kompas.com - 26/03/2020, 12:10 WIB
David Oliver Purba

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berkeliling ke beberapa perkampungan warga untuk menyampaikan imbauan pencegahan virus corona dengan menjaga jarak. 

"Imbauan sudah berkali-kali dilakukan Ibu Wali Kota saat keliling ke berbagai kawasan melalui pengeras suara. Imbauan juga disampaikan Satpol PP dan Kasatgas yang ada di kelurahan se-Kota Surabaya," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya M Fikser, di Surabaya, Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Pasien PDP Corona yang Meninggal di RSUD Komodo Sempat Sakit di Surabaya

Imbauan juga disampaikan melalui videotron, pengeras suara kepada warga di tempat umum seperti jembatan penyeberangan, dan lampu lalu lintas.

Ia menekankan pentingnya menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain dan mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan pembersih tangan guna menghindari penularan Covid-19.

"Pastikan kalau keluar masuk rumah maupun kantor dengan mencuci tangan sekitar 20-30 detik. Tempat ibadah dan ruang publik juga harus dibersihkan dengan obat pembasmi kuman," ujarnya.

Guna memudahkan warga mencuci tangan saat berada di luar rumah, Pemerintah Kota Surabaya sudah memasang 610 wastafel portabel di tempat-tempat umum.

Pemkot Surabaya juga mendirikan bilik sterilisasi di sejumlah fasilitas umum.

"Kita harapkan, dengan ruang sterilisasi ini warga yang ada di sekitar lokasi atau yang melewati bilik itu, tolong berhenti sebentar dan masuk ke bilik sterilisasi itu. Aman bagi tubuh dan manusia. Sekitar 12 detik disemprot di dalam agar diri kita bersih dari kuman dan virus-virus," kata Fikser.

Baca juga: UPDATE: Peta Sebaran Covid-19 di Jatim, 51 Orang Positif Corona, Surabaya Terbanyak

Ia juga mengimbau warga memanfaatkan masa belajar dan bekerja dari rumah dengan baik serta meminimalkan kegiatan di luar rumah.

"Hindari kerumunan di tempat publik. Ini untuk mengurangi risiko penularan," katanya.

Data per 25 Maret dikutip dari laman http://infocovid19.jatimprov.go.id/, sebanyak 182 warga Surabaya masuk ODP, 8 PDP, dan 31 orang positif Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com