Donasi untuk APD Tim Medis yang Tangani Covid-19 Terus Berdatangan

Kompas.com - 26/03/2020, 09:16 WIB
Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona

BANDUNG, KOMPAS.com - Masyarakat yang mendonasikan harta bendanya untuk tim medis Indonesia yang tengah berjuang menangani virus corona ( Covid-19) terus berdatangan.

“Kami sangat bersyukur masyarakat Indonesia sangat memperhatikan kondisi para pahlawan Covid-19 ini, sehingga donasi untuk mereka terus berdatangan,” ujar Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda saat dihubungi Rabu (25/3/2020).

Hal ini terjadi karena masyarakat tidak ingin lagi ada tim medis yang meninggal saat berjuang melawan Corona.

Bantuan yang datang dalam bentuk Alat Pelindung Diri ( APD) sudah dikirimkan ke tiga rumah sakit dan satu puskesmas di Kota dan Kabupaten Bandung.

Baca juga: Kepala BNPB Minta RS Jaga Ketersediaan APD untuk Penanganan Covid-19

APD donasi dari komunitas Tangan Di Atas (TDA) itu dikirimkan ke RS Hasan Sadikin, RS Soreang, RS Al Ihsan, dan UPT Puskesmas Riung Bandung.

“Seperti yang banyak diberitakan, saat ini stok APD tenaga medis Indonesia tengah menipis,” tutur Murni.

Akibatnya, mereka terpaksa menggunakan perlengkapan seadanya seperti jas hujan dan masker yang tidak standar. Padahal mereka garda terdepan yang sangat rentan terpapar virus corona.

Selain APD, pihaknya menyalurkan makanan bergizi seperti buah-buahan dan susu bagi tim medis. Ini adalah upaya agar daya tahan tubuh para dokter, perawat, dan juga petugas rumah sakit lainnya meningkat.

Baca juga: Pasien Positif dan PDP Corona Bertambah, Stok APD Menipis di Papua

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X