Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Karawang "Tracing" Kasus Covid-19 dari Acara Musda Hipmi Jabar

Kompas.com - 24/03/2020, 19:39 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Beberapa orang yang hadir di Musda Hipmi Jabar di Swisbellin Hotel Karawang pada 9 Maret 2020, dinyatakan positif Covid-19.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana positif Covid-19.

Berdasarkan penelusuran aktivitas Yana 14 hari terakhir, Yana menghadiri Musda HIPMI Jabar di Karawang pada 9 Maret 2020.

Selain Yana, pejabat Pemprov Jabar juga dinyatakan positif Covid-19.

Selain itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana juga dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (24/3/2020).

Baca juga: 22 Anggota Hipmi Sumedang Ikut Musda di Karawang, Diimbau Isolasi Diri

Saat itu, Cellica yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha Bandung itu tampak duduk satu deret dengan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

"Saya Bupati Karawang baru sejam lalu dapat hasil laboratorium (yang) dilakukan 14 orang secara mandiri, 5 orang positif," kata Cellica melalui Instagram story.

Selain Cellica, kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Karawang Asep Aang, ajudan Cellica, dan dua pejabat Pemkab Karawang lainnya juga positif.

Pemkab Karawang sudah melakukan tracing orang-orang yang hadir dan terkait dengan kasus Covid-19 dari acara Musda Hipmi Jabar di Karawang.

Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Sebelumnya, tiga pejabat Karawang dinyatakan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) dan telah melakukan isolasi diri. Satu di rumah sakit dan dua lainnya isolasi mandiri.

"Semua kita tracing. Kita menyajikan data kepada Dinkes Provinsi dari tracing, termasuk dokumentasi foto sejumlah pejabat yang duduk dan beeinteraksi dengan pasien positif Covid-19," kata Aang.

Baca juga: Dua Kepala Daerah Positif Corona, Ridwan Kamil: Peserta Musda Hipmi di Karawang Segera Jalani Tes Kesehatan

Selain Cellica dan Yana Mulyana, sejumlah orang yang menghadiri Musda Hipmi Jabar, di antaranya Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, dan Asda Pemprov Jabar Eddy Nasution.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com