Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Karawang Positif Corona, Ridwan Kamil Sebut dari Klaster Musda Hipmi Karawang

Kompas.com - 24/03/2020, 17:56 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana positif terjangkit Covid-19.

Pria yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, Cellica terpapar Covid-19 usai mengikuti acara Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Barat yang digelar Swiss-Bellin Hotel, Kabupaten Karawang pada 9 Maret 2020 lalu.

"Saya sampaikan breaking news dulu bahwa ada satu lagi kepala daerah di Provinsi Jabar yang sudah melakukan tes dan hasilnya positif, yaitu Bupati Karawang Bu Cellica, tadi memberikan informasi yang saya sudah tahu hasilnya dan saya minta izin untuk melaporkan," ujar Emil dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Kota Bandung, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana Positif Covid-19

Emil menuturkan, acara Musda Hipmi Karawang dinilai jadi pola penyebaran Covid-19 baru.

Sebab, sudah tujuh orang dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah hadir di acara tersebut. Termasuk Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

"Jadi kami betul-betul mengambil keputusan yang benar yaitu tes mandiri yang hasilnya bisa dicek oleh laboratorium kami sendiri selama seminggu ini. Hasilnya kami menemukan ada pola persebaran. Lebih dari tujuh orang terpapar positif adalah orang yang datang ke acara Musda Hipmi pada 9 Maret di Karawang termasuk bupati karawang terpapar positif," tutur Emil.

Baca juga: Bupati Karawang Tak Ingin Rapid Test untuk Warganya Dilakukan di Bekasi

Karena itu, ia pun mengimbau kepada seluruh pihak yang terlibat acara tersebut untuk melaporkan diri ke Dinas Kesehatan daerah masing-masing dan meminta segera dilakukan pemeriksaan.

"Sehingga saya mengimbau semua yang hadir di acara Musda Hipmi yang mendengar suara saya di media agar segera melapor Dinkes di kota kabupaten masing-masing. Hari ini atau esok pagi segera untuk dilakukan tes yang alhamdulillah rapid tes sudah siap dilaksanakan mulai besok," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com